//

STUDI KINETIKA ADSORPSI KARBON AKTIF DARI AMBAS KOPI YANG DIAKTIVASI MENGGUNAKAN GELOMBANG MIKRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HUMAIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: ampas kopi, karbon aktif, zncl2, microwave, kinetika Ampas kopi merupakan salah satu limbah yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan karbon aktif. Kualitas dari karbon aktif dipengaruhi oleh metode aktivasi yang digunakan. Microwave dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pada metode aktivasi secara fisika. Hal ini dikarenakan karbon aktif merupakan adsorben gelombang mikro yang baik. Karbon aktif umum diaplikasikan sebagai adsorben pada proses adsorpsi. Metode adsorpsi dinilai praktis, efisien dan ekonomis untuk menghilangkan zat warna serta pigmen warna lainnya. Karbon aktif yang baik ialah yang mampu mengadsorpsi dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan ampas kopi menjadi produk yang bernilai guna seperti karbon aktif, dan memprediksikan mekanisme adsorpsi yang terjadi antara Karbon Aktif Ampas Kopi (KAAK) terhadap zat warna indigo carmine (IC). Pada penelitian ini, tahap aktivasi melalui metode gabungan fisika-kimia yang dilakukan secara bersamaan. Secara kimia, ampas kopi direndam di dalam aktivator ZnCl2 30%,sedangkan secara fisika yaitu melalui pemanasan menggunakan microwave. Proses adsorpsi maksimum terjadi pada kondisi, yaitu kosentarsi IC 5 ppm dengan pH 2 menggunakan KAAK sebanyak 1,277 g selama 46 menit 36 detik. Uji kesetimbangan adsorpsi dilakukan pada variasi konsentrasi IC, yaitu 5, 7, 9, 11 dan 13 ppm. Uji kinetika adsorpsi dilakukan pada variasi waktu 10, 20, 30, 40 dan 50 menit. Hasil uji kesetimbangan adsorpsi dianalisis melalui pendekatan isoterm Langmuir dan Freundlich, sedangkan hasil uji kinetika adsorpsi dianalisis melalui pendekatan pseudo first order dan pseudo second order. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa proses adsorpsi IC menggunakan KAAK mengikuti pendekatan isoterm Freundlich dan pseudo second order. Kapasitas adsorpsi maksimum KAAK dalam mengadsorpsi IC ialah 1,5552 mg g-1.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN AMPAS KOPI PADA SINTESIS TIO2/KARBON AKTIF DAN UJI AKTIFITAS FOTOKATALITIKNPADA DEGRADASI INDIGO KARMIN (Irwan, 2016)

PEMANFAATAN AMPAS KOPI PADA SINTESIS TIO /KARBON AKTIF DAN UJI AKTIFITAS FOTOKATALITIK PADA DEGRADASI INDIGO KARMIN (Irwan, 2016)

PEMBUATAN KARBON AKTIF DARI TEMPURUNG KELAPA DENGAN AKTIVATOR NAOH SERTA APLIKASI ADSORPSI MERKURI MENGGUNAKAN KOLOM UNGGUN TETAP (TATA ALFATAH, 2015)

PEMBUATAN KOMPOSIT KITOSAN-KARBON AKTIF DAUN TERATAI(NYMPHAEA ALBA. L) SEBAGAI ADSORBEN ION LOGAM KADMIUM (META HERMAWAN, 2020)

PENGOLAHAN LIMBAH CAIR PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN NANO KARBON AKTIF (Aris Munandar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy