//

KONTROL KAPASITAS DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG DENGAN METODE FORMULA DINAMIS DAN ANALISIS PACIFIC COAST UNIFORM BUILDING CODE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fanny Lilian - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pondasi merupakan elemen konstruksi yang terletak di bagian terbawah suatu bangunan sipil dan berfungsi untuk meneruskan beban struktur atas (upper structure) ke lapisan tanah dasar (bearing layer) yang ada di bawahnya. Pondasi selain harus mampu menerima beban statis dan dinamis, juga perlu diperhitungkan terhadap sifat tanah ketika menerima efek beban getaran yang menyebabkan tanah mencair (liquefaction) sehingga mengakibatkan daya dukungnya menjadi hilang. Perhitungan kapasitas daya dukung pondasi tiang pancang terhadap kedalaman pemancangan merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan dalam suatu perencanaan pondasi. Metode yang digunakan dalam kajian ini disesuaikan dengan kelengkapan data yang diimplementasikan ke dalam rumus-rumus yang digunakan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk menganalisa kapasitas daya dukung tiang pancang dengan metode dinamis menggunakan teori yang dipublikasikan oleh Pacific Coast Uniform Building Code (PCUBC). Data yang digunakan untuk menganalisa daya dukung pondasi tiang pancang pada metode formula dinamis ini menggunakan data hasil uji pemancangan (calendering) pada pembangunan Gedung Wisma District Sales Office (DSO) Djarum, Kota Banda Aceh. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini berupa nilai daya dukung tiang pancang dengan dimensi 25x25 cm dan kedalaman pemancangan 15 meter dari permukaan tanah. Daya dukung yang dihasilkan pada penggunaan setiap metode formula dinamis dengan nilai kalandering (final set) 7,0 mm pada PC-237 masing-masing adalah, Danish = 33,695 ton, metode Eytelwein = 23,13 ton, metode CNB = 17,600 ton, metode PCUBC = 14,626 ton, dan metode Hiley = 16,55 ton. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode PCUBC merupakan metode yang memiliki nilai daya daya dukung tiang terkecil, sedangkan untuk nilai daya dukung tiang yang terbesar diperoleh dengan menggunakan metode Danish.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTROL KAPASITAS DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG DENGAN METODE FORMULA DINAMIS DAN ANALISIS PACIFIC COAST UNIFORM BUILDING CODE (Fanny Lilian, 2021)

ANALISIS DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG DENGAN METODE STATIS DAN METODE DINAMIS (STUDI KASUS: PROYEK JEMBATAN RAYEUK PANGE KABUPATEN ACEH UTARA) (CUT SITTI RAFIDATUL HILDAYANI, 2021)

TINJAUAN DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG (PRECAST CONCRETE MINI PILE) DENGAN METODE FORMULA DINAMIS DAN ANALISIS NAVY-MCKAY (Ananda Kiki Rahmita, 2020)

PERENCANAAN DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG DENGAN FORMULA DINAMIS METODE DANISH, AASHTO DAN NAVY-MC KAY ( STUDI KASUS PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN LAMNYONG - BANDA ACEH ) (Yunita Sylvia, 2016)

EVALUASI KINERJA PONDASI TIANG PANCANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN DUPLIKASI JEMBATAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR (Ajimah, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy