//

KONTRIBUSI PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Masitah - Personal Name

Abstrak/Catatan

KONTRIBUSI PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES Oleh : Masitah NPM : 1809200050017 Komisi Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Kontribusi pengawas sangatlah penting dalam lembaga pendidikan karena posisinya memegang peran yang signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan kepala sekolah, serta mutu pendidikan di sekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program pengawas, strategi pelaksanaan program pengawas, dan kendala yang dihadapi pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMA Negeri Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan dokumentasi.Subjek penelitiannya adalah pengawas, kepala sekolah dan guru SMA Negeri Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengawas sudah menyusun program supervisi yang meliputi program tahunan dan program semesteran dengan berpedomankan dengan instrumen yang sudah disiapkan, kemudian program itu dijalankan dengan turun ke lapangan, dalam program itu pengawas melakukan pembinaan guru, pemantauan SNP, penilaian kinerja guru, pembimbingan dan pelatihan guru di MGMP/KKG; (2) Pada tahap strategi pelaksanaan program, pengawas turun langsung ke lapangan untuk melakukan pelatihan terhadap guru, dan melakukan kerja sama dengan menggerakkan dan mendorong keterlibatan guru di seluruh kegiatan sekolah;dan (3) Kendala yang dihadapi pengawas yaitu letak geografis di wilayah Gayo Lues, karena pada umumnya sekolah yang ada di wilayah Gayo Lues memiliki letak yang sangat jauh dari wilayah kerja pengawas sehingga terhambat bagi pengawas untuk menjangkau lokasi sekolah di dalam melakukan tugasnya. Kata Kunci: Pengawas Sekolah, Kompetensi Guru dan Kompetensi Profesional

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI 5 JULI KABUPATEN BIREUEN (YUSNIDAR, 2019)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI 13 KOTA BANDA ACEH (KHATIJAH, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MTS NEGERI SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL (ABDIL, 2019)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN GAYO LUES (Husin Sabarudin, 2014)

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD DI GUGUS MELATI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (IDAWANI YUSUF, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy