//

ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS PADA JALAN TGK. IMUM LUENG BATA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Andrialdi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penulisan tugas akhir ini dipusatkan pada permasalahan kebisingan yang ditimbulkan pada jalan pinggiran kota yaitu Jalan Tgk. Imum Lueng Bata Banda Aceh. Jalan ini merupakan jalur yang digunakan untuk mobilisasi bantuan, pengangkutan material untuk rehabilitasi dan rekonstruksi, dan juga kegiatan lainnya sehingga menyebabkan tingginya tingkat kebisingan seiring semakin meningkatnya volume lalu lintas. Pengambilan data dilakukan menggunakan alat ukur Sound Analyzer tipe TE-1358, dengan sistem "Short Time" selama 10 menit pembacaan dan 5 menit merekam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa tingkat kebisingan yang ditimbulkan oleh aktivitas kendaraan bermotor pada Jalan Tgk. Imum Lueng Bata dalam masa rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana alam gempa dan tsunami yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 . Perubahan pergerakan akibat bencana alam tsunami telah mengakibatkan tingginya volume lalu lintas Jalan Tgk. Imum Lueng Bata sehingga mempengaruhi tingkat kebisingan yang terjadi pada jalan tersebut. Penggunaan kriteria peringkat energi ekivalen atau "Equivalent Energy Level (Leq) yang merupakan tingkatan suara rata - rata sebagai total energi pada waktu tertentu telah memberikan pedoman pengukuran permasalahan kebisingan pada Jalan Tgk Imum Lueng Bata. Equivalent Energy Level (Leq) adalah tingkat suara rata-rata sebagai total energi pada waktu tertentu. Tingkat kebisingan sangat dipengaruhi oleh geometrik jalan, volume dan kecepatan kendaraan. Volume lalu lintas yang tinggi, kecepatan yang rendah akibat hambatan operasional, mengakibatkan semakin tingginya tingkat kebisingan yang terjadi pada Jalan Tgk. Imum Lueng Bata.Volume lalu lintas yang melintas pada jalan ini relatif sama antara pagi dan siang hari dengan volume lalu lintas rata-rata 1099,2 smp/jam/arah serta kecepatan rata-rata 24,013 km/jam. Dari hasil penelitian diperoleh nilai Leq berkisar antara 63,8 dB(A) - 78,91 dB(A), dengan nilai rata-rata 76,10 dB(A). Nilai Leq ini menunjukkan suatu tingkat kebisingan yang sudah menimbulkan dampak pada masyarakat yaitu lebih besar dari 70 dB(A), dan masih dalam ambang batas kebisingan maksimum 85 dB(A).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN FLYOVER SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (Almira Hilal, 2017)

AUDIT KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN TENGKU IMUM LUENG BATA KOTA BANDA ACEH STA 0+000 SAMPAI DENGAN STA 2+500 (jefri reinaldi, 2016)

ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS: SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH) (YUSRAWATI, 2013)

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA MASA DAN PASCA PEMBANGUNAN KONSTRUKSI FLYOVER KAWASAN SIMPANG SURABAYA (STUDI KASUS : JALAN TGK. CHIK DITIRO DAN JALAN TGK. IMUEM LUENG BATA KOTA BANDA ACEH) (RISKA WULANDARI, 2017)

ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN AKIBAT KENDARAAN BERMOTOR PADA RUAS JALAN TEUKU UMAR SEUTUI KOTA BANDA ACEH (Mumtazul Fikri Musthafa, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy