PENERAPAN MODUL BERBASIS FREE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODUL BERBASIS FREE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN BIREUEN


Pengarang

Mardani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1806203010020

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi pencemaran lingkungan di MAN Bireuen dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan modul berbasis free inquiry materi pencemaran lingkungan di MAN Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental design, metode yang digunakan quasi eksperimen, dengan design Pre-test and Post-test Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 111 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu soal pilihan ganda beralasan dan tes objektif pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji kesetaraan, uji paired sample t-tes, uji independent sample t-tes dan uji mann whitney tes, pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji paired sample t-tes untuk keterampilan berpikir kritis diperoleh Sig. (0,001) < ? (0,05), hal tersebut menunjukkan penerapan modul berbasis free inquiry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di MAN Bireuen. Gain keterampilan berpikir kritis diperoleh 0,78 dengan kategori tinggi, hal tersebut menunjukkan keseluruhan indikator keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat. Hasil uji independent sample t-tes diperoleh Sig. (0,00) < ? (0,05), hal tersebut menunjukkan peserta didik yang mengikuti pembelajaran modul berbasis free inquiry menunjukkan keterampilan berpikir kritis lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi pencemaran lingkungan di MAN Bireuen. Sedangkan hasil uji hasil uji paired sample t-tes untuk hasil belajar diperoleh Sig. (0,001) < ? (0,05), hal tersebut menunjukkan penerapan modul berbasis free inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MAN Bireuen. Hasil uji Mann Whitney test hasil belajar diperoleh Sig. (0,00) < ? (0,05), hal tersebut menunjukkan peserta didik yang mengikuti pembelajaran modul berbasis free inquiry menunjukkan hasil belajar peserta didik lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MAN Bireuen.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK