//

PENERAPAN MODUL BERBASIS FREE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mardani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi pencemaran lingkungan di MAN Bireuen dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan modul berbasis free inquiry materi pencemaran lingkungan di MAN Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental design, metode yang digunakan quasi eksperimen, dengan design Pre-test and Post-test Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 111 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu soal pilihan ganda beralasan dan tes objektif pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji kesetaraan, uji paired sample t-tes, uji independent sample t-tes dan uji mann whitney tes, pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji paired sample t-tes untuk keterampilan berpikir kritis diperoleh Sig. (0,001) < α (0,05), hal tersebut menunjukkan penerapan modul berbasis free inquiry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di MAN Bireuen. Gain keterampilan berpikir kritis diperoleh 0,78 dengan kategori tinggi, hal tersebut menunjukkan keseluruhan indikator keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat. Hasil uji independent sample t-tes diperoleh Sig. (0,00) < α (0,05), hal tersebut menunjukkan peserta didik yang mengikuti pembelajaran modul berbasis free inquiry menunjukkan keterampilan berpikir kritis lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi pencemaran lingkungan di MAN Bireuen. Sedangkan hasil uji hasil uji paired sample t-tes untuk hasil belajar diperoleh Sig. (0,001) < α (0,05), hal tersebut menunjukkan penerapan modul berbasis free inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MAN Bireuen. Hasil uji Mann Whitney test hasil belajar diperoleh Sig. (0,00) < α (0,05), hal tersebut menunjukkan peserta didik yang mengikuti pembelajaran modul berbasis free inquiry menunjukkan hasil belajar peserta didik lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MAN Bireuen.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODUL BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARDAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (SUWIDAH, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE DIPADU MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Liza Utami, 2021)

IMPLEMENTASI MODUL BERBASIS SAINTIFIK DIPADUKAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN ACEH BARAT DAYA (SORAYA ULFAH, 2020)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) DIPADU PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Risa Rianda, 2020)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DIPADU LKPD SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KEMAMPUAN PEMETAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR (Siti Zuhra, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy