//

ANALISIS OPSI USAHATANI DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ritadianti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Rita Dianti "Analisis Opsi Usahatani Di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar", di bawah bimbingan Bapak Dr. Ir. Indra, M.P selaku pembimbing utama dan Bapak Ir. Azhar A. Gani, M.Sc selaku pembimbing kedua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan yang diterima petani dari usahatani padi sawah, cabe merah, timun dan kacang panjang, serta untuk mengetahui usahatani yang menguntungkan di daerah penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Objek dari penelitian ini adalah masing-masing petani padi sawah, cabe merah, timun, dan kacang panjang. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada masalah pendapatan masing-masing usahatani. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode survey.Pendapatan usahatani padi sawah per Ha per musim tanam Rp. 6.686.400,00, per tahun Rp. 13.372.800,00 dan R/C 1,74. Pendapatan usahatani cabe merah per Ha per musim tanam Rp. 63.806.266,67, per tahun Rp.127.612.533,33 dan R/C 3,35. Pendapatan usahatani timun per Ha per musim tanam Rp. 20. 730.000,00, per tahun Rp. 41.460.000,00 dan R/C 2,21. Pendapatan usahatani kacang panjang per Ha per musim tanam Rp. 18.320.000,00, per tahun Rp. 36.640.000,00 dan R/C 2,08. Tingkat keuntungan dari ke 4 usahatani dan daerah penelitian berdasarkan rangking tertinggi ke terendah adalah : usahatani cabe merah, usahatani timun, usahatani kacang panjang dan usahatani padi sawah. Hendaknya para petani di daerah penelitian dapat memilih usahatani yang tepat dan memperhatikan musim tanam sehingga nantinya diperoleh pendaptan yang cukup guna menghidupi keluarganya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS OPSI USAHATANI DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Ritadianti, 2021)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI DI DESA ULEE LHAT KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (TAUFIQURRAHMAN, 2015)

PENGARUH MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (M. Afdhal, 2021)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHA TANI CABAI MERAH DENGAN SISTEM INTENSIF DAN DENGAN SISTEM SEMI INTENSIF DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Zulhelmi, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy