//

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN KECANDUAN PERMAINAN DARING PADA REMAJA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKY MAULIDYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Remaja memanfaatkan permainan daring sebagai pelarian dari menghindari masalah yang dihadapi di dunia nyata. Permainan daring digunakan oleh individu yang memiliki harga diri rendah untuk menciptakan identitas yang berbeda dengan identitas yang dimiliki di kehidupan nyata. Hal ini dilakukan agar individu dapat membangun hubungan sosial secara virtual dengan pemain permainan daring lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan kecanduan permainan daring pada remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 336 remaja dengan rata-rata usia 14,5 tahun. Pengumpulan data dilakukan secara daring menggunakan alat ukur Rosenberg Self-Esteem Scale dan Game Addiction Scale. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan hubungan negatif antara harga diri dan kecanduan permainan daring pada remaja dengan nilai r=-0.254 dan p=0,000, artinya semakin rendah tingkat harga diri inidvidu maka semakin besar potensi individu mengalami kecanduan permainan daring. Hasil penelitian juga menemukan sebanyak 4.7% remaja memiliki harga diri yang rendah dan 28,2% remaja mengalami kecanduan permainan daring. Kata Kunci: Remaja, Harga Diri, Kecanduan Permainan Daring

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA CITRA TUBUH DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA PUTRI AWAL DI KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (PUTRI WAHYUNI, 2020)

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN KEPUASAN HIDUP PADA REMAJA DI BANDA ACEH (Melda Sofia, 2015)

HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ORANGTUA DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA YANG MELAKUKAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KOTA BANDA ACEH (Miranti Bahri, 2016)

HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE POINT BLANK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA (HERI KURNIAWAN, 2020)

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN CYBERBULLYING PADA REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Rayyan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy