//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS HANDS-ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Wahyuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hasil observasi awal oleh penulis, kemampuan berpikir kritis siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke harus didukung oleh perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Namun selama ini guru menggunakan perangkat pembelajaran dengan satu model pembelajaran saja sehingga perangkat pembelajaran yang digunakan belum mendukung kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat menunjang kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain dan mengetahui kelayakan produk berupa perangkat pembelajaran model generatif berbasis Hands-On Activity yang dapat kemampuan berpikir kritis pada materi elastisitas dan hukum hooke di SMA menurut para ahli. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 10 guru SMA di Banda Aceh. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan lembar angket guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain pengembangan perangkat pembelajaran model generatif berbasis Hands-On Activity untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mengacu pada model ADDIE, (2) Kevalidan perangkat pembelajaran model generatif berbasis Hands-On Activity meliputi: RPP pada kategori sangat tinggi (88,6%), LKPD pada kategori sangat tinggi (86%), bahan ajar pada kategori tinggi (82%), instrument soal pada kategori sangat tinggi (86%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model generatif berbasis Hands-On Activity yang terdiri dari silabus, RPP, LKPD, bahan ajar dan instrumen soal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis valid dengan revisi kecil dan dapat digunakan dalam pembelajaran di SMA. Kata Kunci : Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Hands-On Activity, Kemampuan Berfikir Kritis

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL KOOPERATIF TIPE CORE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Nadila Mastura, 2021)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Nurul Ayuni, 2018)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATA PELAJARAN FISIKA (Uswatun Hasanah, 2020)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI VAN HIELE DI KELAS IX SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Muhammad Rizqi Musa, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP PESAWAT SEDERHANA DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Marliza, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy