//

POTENSI DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) KAWASAN GEOTERMAL IE JUE TERHADAP PROTEIN PENYEBAB HALITOSIS BERDASARKAN BIOINFORMATIKA: MOLECULAR DOCKING STUDY

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afri Handayani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kawasan geotermal memiliki karakteristik yang berbeda dengan kawasan non-geotermal yang menyebabkan tidak semua tanaman mampu tumbuh dikawasan ini. Salah satu tanaman yang terdapat dikawasan geotermal adalah tanaman Calotropis gigantea atau tanaman Biduri yang lebih dikenal dengan masyarakat Aceh dengan sebutan Bak Rubek. Tanaman ini memiliki kandungan senyawa metabolit yang dapat bermanfaat sebagai bahan antibakteri. Sejauh ini belum ada penelitian yang menjelaskan daun Biduri dari kawasan geotermal Ie Jue sebagai antibakteri terkhusus pada bakteri Porphyromonas gingivalis dan Solobacterium moorei sebagai penyebab halitosis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi senyawa metabolit daun Biduri dari kawasan geotermal Ie jue sebagai antibakteri terhadap bakteri penyebab halitosis. Penelitian ini dilakukan dalam studi In silico dengan menggunakan komputasi Bioinformatika dengan doking molekul protein Kgp pada bakteri P.gingivalis dan β-galaktosidase pada S.moorei dengan 5 (lima) senyawa metabolit pada tanaman Biduri yaitu lupenyl asetat, α-amyrin, phytol, β-amyrenil asetat, dan methyl ester. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa senyawa memiliki kemampuan perlekatan (binding affinity) yang berbeda-beda pada kedua bakteri dan senyawa α-amyrin memiliki hasil terbaik dengan nilai nilai binding affinity -9,7 kkal/mol pada protein Kgp dan -8,7 kkal/mol pada protein β-galaktosidase. Berdasarkan hasil tersebut dapat simpulkan bahwa daun Calotropis gigantea berpotensi sebagai antibakteri terhadap bakteri P.gingivalis dan S.moorei sebagai bakteri penyebab halitosis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 70% DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS ATCC 33277 (Novita Putri Ranggaswuni, 2019)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 70% DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP AGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITANS ATCC 29523 (MAYA PUTRI SINDA, 2019)

UJI EFEKTIVITAS ANTI PARASIT EKSTRAK DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP LINTAH IKAN (PISCICOLA GEOMETRA) PADA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (MUHAMMAD SYUKUR, 2016)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL 96 % DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP AKTIVITAS PENGHAMBATAN BIOFILM BAKTERI PENYEBAB HALITOSIS PORPHYROMONAS GINGIVALIS (Inas Aqifah, 2021)

POTENSI EKSTRAK DAN GETAH DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA L.) UNTUK PENYEMBUHAN LUKA BARU PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) (Nurlaila, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy