//

ALTERNATIF PEMILIHAN JENIS KERAPU PADA BUDIDAYA KERAMBA JARING APUNG (KJA) DI KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIANA WATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pemanfaatan sumber daya perikanan laut selama ini sebagian besar masih terbatas pada usaha penangkapan atau pengumpulan dari alam. Usaha yang sepenuhnya mengantungkan kepada hasil penangkapan atau pengumpulan dari alam tersebut akan membawa pengaruh terhadap kontinuitas produksi. Oleh sebab itu upaya peningkatan produksi melalui pemanfaatan sumber daya laut dapat juga dikembangkan melalui usaha budidaya. Salah satunya adalah budidaya perikanan dengan teknik keramba jaring apung. Ikan kerapu adalah salah satu jenis komoditas unggulan yang dapat di budidayakan dengan keramba jaring apung di Kota Lhokseumawe. Seiring dengan terus meningkatnya permintaan pasar terhadap ikan kerapu di Kota Lhokseumawe. Namun hasil produksi yang dicapai belum mampu memenuhi jumlah permintaan ikan kerapu di Kota Lbokseumawe. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Adapun penelitian ini untuk mengetahui jenis kerapu yang dapat meningkatkan jumlah produksi dan lebih menguntungkan pada keramba jaring apung di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara purposive sampling, dengan pertimbangan bahwa Kecamatan Banda Sakti merupakan daerah yang berpotensi budidaya kerapu. Sedangkan metode analisis dijabarkan secara analisis keuntungan dan B/C Ratio. Berdasarkan hasil penelitian, pemilihan jenis kerapu yang dapat meningkatkan produksi dan keuntungan di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe adalah kerapu cantik dapat dilihat dari volume produksi kerapu cantik 2.011 kg/panen dan memperoleh keuntungan sebesar Rp. 78.328.112 dengan BC Ratio 1,94. Kata Kunci : Alternatif, Jenis Kerapu

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FINANSIAL BUDIDAYA IKAN KERAPU MACAN MELALUI KERAMBA JARING APUNG PADA UD. PAKAT SABEE DI DESA KUALA MAMPLAM UJONG BLANG KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (ZULFADHLI, 2021)

STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBESARAN KERAPU MACAN DI DESA UJUNG BLANG KECAMATANA BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (Siti Hajar, 2021)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA IKAN KERAPU (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) KERAMBA JARING APUNG DI DESA DEAH BARO KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH (STUD KASUS) (NASRUL, 2015)

ANALISIS USAHA BUDIDAYA IKAN KERAPU MACAN (EPINEPHELUS FUSCOGUTATUS) DALAM KERAMBA JARING APUNG DI KOPERASI BINA DEAH MEURAXA KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Muslim, 2021)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN PETANI BUDIDAYA IKAN KERAPU SISTEM KARAMBA JARING APUNG DENGAN TAMBAK DI KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA (Heriadi, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy