Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Pengarang
Dewi Agusti Yanti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606103030020
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model project based learning berbasis pendekatan STEM untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran fisika. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation dan 5) Evaluation. Kelayakan Perangkat Pembelajaran diukur dengan hasil validasi RPP, LKPD dan angket respon yang diberikan kepada subjek penelitian. Data berasal dari dosen sebagai validator. Hasil keseluruhan validasi RPP dan LKPD menunjukkan skor rata-rata RPP 3,25 dan LKPD 3,26 dengan persentase keseluruhan RPP 81,3% dan LKPD 81,73% yang termasuk dalam kategori valid. Desain penelitian R&D (Research and Development) dipilih sebagai desain penelitian dalam penelitin ini untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berupa RPP dan LKPD. Subjek penelitian ini adalah guru fisika di SMA Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 3 orang, SMA Negeri 1 Lawe Alas berjumlah 1 orang, MA Negeri 1 Aceh Tenggara berjumlah 1 orang dan SMA 3 Kutacane berjumlah 2 orang. Data hasil penelitian diperoleh melalui angket respon yang dibagikan kepada tiap guru. Pengolahan data dilakukan melalui analisis statistik menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata keseluruhan angket respon guru yaitu 89,3% yang termasuk kedalam kriteria sangat layak. Dari kedua pengukuran didapati bahwa pengembangan perangkat pembelajaran model PjBL berbasis pendekatan STEM dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran fisika.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Dewi Agusti Yanti, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Aprilia Rizqina Nuramalina, 2022)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (HUSNUL AINI, 2020)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (SITI MAGHFIRAH, 2020)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (TUTI SAFURI, 2021)