IDENTIFIKASI TERIPANG DAN UJI FITOKIMIA METABOLIT SEKUNDER TERIPANG DI BENTENG INONG BALEE ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IDENTIFIKASI TERIPANG DAN UJI FITOKIMIA METABOLIT SEKUNDER TERIPANG DI BENTENG INONG BALEE ACEH BESAR


Pengarang

SALBETHA BELLA AB - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1711101010019

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Ilmu Kelautan (S1) / PDDIKTI : 54241

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian tentang Identifikasi Teripang dan Uji Fitokimia Metabolit Sekunder Teripang di Benteng Inong Balee Aceh Besar, pada Desember 2020 - Januari 2021 di Laboratorium Kimia Laut dan Bioteknologi Perikanan, dan Laboratorium Nutrisi, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi teripang yang ditemukan di Benteng Inong Balee dan menganalisis senyawa metabolit sekunder dari teripang yang teridentifikasi dengan metode uji fitokimia dan kromatografi. Jenis teripang yang teridentifikasi adalah teripang hitam (Holotruria atra). Ektraksi teripang dilakukan dengan metode maserasi sedangkan pemisahan metabolit sekunder menggunakan metode kromatografi lapis tipis dan kromatografi kolom dengan eluen n-heksana:etil asetat (8:4). Pemisahan dengan kromatografi lapis tipis menunjukkan noda dengan Rf 0,51 dan pemisahan dengan kromatografi kolom diperoleh 2 fraksi dengan nilai Rf 0,6 dan 0,3. Senyawa metabolit sekunder yang diperoleh melalui uji fitokimia sebelum dan setelah diisolasi berupa flavonoid, saponin dan triterpenoid.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK