PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA


Pengarang

Maryono - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606103030015

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Maryono.2021.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan STEM melalui Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika.Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd, M.Ed. (2) Drs. Soewarno, M.Si.,
Kunci: Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing, Pendekatan STEM, Berpikir Kritis

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan lembar kerja peserta didik berbasis investigative science learning environment (ISLE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation dan 5) Evaluation. Kelayakan LKPD diukur dengan hasil validasi LKPD dan angket respon yang diberikan kepada subjek yaitu 3 orang guru. Hasil keseluruhan validasi LKPD menunjukkan skor rata-rata untuk RPP 3,61 dan untuk LKPD 3,18 yang termasuk ke dalam kategori setuju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau biasa disingkat dengan R&D. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru fisika di SMA Negeri 1 Kutacane. Subjek penelitian ini adalah guru fisika di SMA Negeri 1 Kutacane yang berjumlah 5 orang. Data hasil penelitian diperoleh melalui angket respon yang dibagikan kepada tiap guru. Pengolahan data dilakukan melalui analisis statistik menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata keseluruhan angket respon guru, diketahui bahwa respon subjek keseluruhan adalah setuju. Dari kedua pengukuran didapati bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STEM melalui model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK