//

STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTSN 2 DAN MTSN 4 ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Habib Agus Faroq - Personal Name

Abstrak/Catatan

STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTSN 2 DAN MTSN 4 ACEH BESAR Oleh: Habib Agus Faroq NPM: 1809200050011 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Kepala madrasah dalam kapasitasnya sebagai pemimpin pendidikan, dituntut agar dapat memilih strategi yang tepat untuk memberikan bantuan kepada guru-guru untuk meningkatkan kinerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan data lengkap serta akurat tentang “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 2 dan MTsN 4 Aceh Besar”. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala madrasah dan Guru. Hasil penelitian menunjukkan: Kepala MTsN 2 Aceh Besar melibatkan seluruh personil madrasah dalam penyusunan program peningkatan kinerja guru. Strategi yang digunakan oleh Kepala MTsN 2 Aceh Besar adalah melakukan bimbingan, menerapkan disiplin di madrasah, mengadakan pelatihan untuk guru-guru serta melakukan supervisi dua kali dalam setahun. Namun demikian, Kepala MTsN 2 Aceh Besar masih menemukan kendala yaitu beberapa guru mengalami kesulitan menerapkan IPTEK dalam proses pembelajaran, serta sulitnya menyesuaikan perangkat pembelajaran dengan format Kurikulum 2013 yang terus berubah. Sementara itu, penulis menemukan bahwa Kepala MTsN 4 Aceh Besar juga mengikutsertakan seluruh staff dan guru-guru untuk menyusun program dengan cara mengadakan rapat bersama. Strategi yang dilakukan oleh Kepala MTsN 4 Aceh Besar yaitu memberikan motivasi kepada guru-guru, memberikan reward dan punishment, melakukan supervisi, serta mengadakan pelatihan guru baik di dalam maupun di luar madrasah. Akan tetapi, kurangnya sarana dan prasana di madrasah serta sulitnya guru dalam menghadapi siswa yang tidak sejalan dengan perangkat pembelajaran yang telah disusun menjadi sebuah kendala bagi kepala madrasah dan guru dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 4 Aceh Besar. Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Kinerja Guru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MTSN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA (SHALAHUDDIN, 2016)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MTSN MEUREUDU RNKABUPATEN PIDIE JAYA (Idawati, 2015)

KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PADA MTS SWASTA LAM UJONG KABUPATEN ACEH BESAR (Asriani, 2016)

STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MIN BUENGCALA KECAMATANRNKUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD HADI, 2015)

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTSN 1 DAN MTSN 3 ACEH BARAT DAYA (Rawati, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy