//

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI ESCHERICHIA COLI DARI EKSTRAK N-HEKSANA TINTA CUMI-CUMI (LOLIGO SP.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Rizky Utami - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang uji aktivitas antibakteri Escherichia coli dari ekstrak n-heksana tinta cumi-cumi (Loligo sp.) pada Bulan Desember 2020 - Januari 2021 di Laboratorium Kimia Laut dan Bioteknologi Perikanan, Fakultas Kelautan dan Perikanan dan Laboratorium Nutrisi, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam ekstrak n-heksana tinta Loligo sp. menggunakan metode maserasi dan mengetahui aktivitas antibakteri pada ekstrak n-heksana tinta cumi-cumi Loligo sp. Hasil senyawa metabolit sekunder yang diperoleh dari ekstrak n-heksana tinta Loligo sp. adalah alkaloid, saponin, glikosida dan fenol. Hasil uji antibakteri terhadap bakteri E. coli dengan menggunakan metode cakram diperoleh diameter zona hambat rata-rata pada konsentrasi 4% sebesar 6,3 mm (sedang), konsentrasi 8% memiliki zona hambat rata-rata sebesar 7,83 mm (sedang), konsentrasi 16% memiliki diameter zona hambat rata-rata sebesar 14,5 mm (kuat) dan pada konsentrasi 32% memiliki diameter zona hambat rata-rata sebesar 10,83 mm (sedang). Aktivitas antibakteri pada ekstrak n-heksana tinta Loligo sp. optimal pada konsentrasi 16% terhadap bakteri E. coli. Kata Kunci : Tinta Loligo sp., senyawa metabolit sekunder, Escherichia coli, antibakteri

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) DALAM MEREDUKSI FORMALIN PADA CUMI-CUMI (LOLIGO INDICA) ASIN (Irma Haryani , 2016)

PEMANFAATAN TINTA CUMI-CUMI (LOLIGO SP) SEBAGAI PEWARNA ALAMI DALAM PEMBUATAN ROTI BURGER (Syahida Tiara, 2020)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA CUMI–CUMI (LOLIGO SPP.) PADA TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) LAMPULO KOTA BANDA ACEH (RESTY FAUZANA RAHMAN, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) TERHADAP PENURUNAN KADAR FORMALIN PADA CUMI-CUMI ASIN (LOLIGO SP) DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Silviani, 2018)

UJI AKTIVITAS SENYAWA ANTIBAKTERI EKSTRAK N-HEKSANA DAUN KETEPENG CINA (CASSIA ALATA) (Ega Rizki, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy