//

PROSPEK PENGEMBANGAN PISANG BARANGAN DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmi Nurdin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Rahmi Nurdin dengan Judul Skripsi "PROSPEK PENGEMBANGAN PISANG BARANGAN DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR", dengan Pembimbing utama Bapak Dr. Ir. Mustafa Usman, MS, dan Ibu Zakiah, SP, M.Si Permasalahan dalam penelitian adalah apakah usahatani pisang barangan di Kemukiman Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar layak dikembangkan di tinjau dari aspek teknis dan ekonomis. Penelitian di lakukan di Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Pemilihan Kecamatan ini sengaja dilakukan dengan pertimbangan pada daerah memiliki kondisi topografi yang sangat tepat untuk usahatani pisang barangan dan salah satu sentra produksi di Kabupaten Aceh Besar dan prospek untuk pengembanggan sangat bagus. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada analisis teknis dan ekonomis pengembangan pisang barangan .Penelitian ini bertujuan untuk kelayakan secara teknis dan ekonomis terhadap perkembangan pisang barangan di Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Adapun populasi di daerah penelitian sebanyak 150 KK yang tersebar di Kemukiman Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Adapun metode penentuan sampel yang digunakan adalah acak sederhana (simpel random sampling) dari jumlah populasi keseluruhan sebanyak 20 % yaitu sebanyak 30 KK .Ditinjau dari aspek teknis usahatani pisang barangan di Kemukiman Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar layak di kembangkan usahatani pisang barangan sesuai dengan syarat tumbuh dalam bercocok tanam pisang barangan. Ditinjau dari aspek ekonomis juga sangat layak dikembangkan, karena usahatani pisang barangan dapat memberikan pendapatan yang tinggi yaitu sebesar Rp.7 700 886,27 per Ha per MT, dimana jumlah produksi sebanyak 224 tandan per Ha per MT dengan harga jual sebesar Rp 40.000 per Tandan. Adapun R/C yaitu 712, BEP volume Produksi = 31,48 tandan per Ha per MT dan BEP Harga jual =Rp.5621,04 per tandan Dianjurkan kepada petani untuk dapat meningkatkan produksi, dengan mengelola usahatani pisang barangan sesuai dengan aturan dan kebutuhan tanaman pisang itu sendiri, sehingga pendapatan yang diperoleh akan lebih besar Dianjurkan kepada para petani, agar bisa menekan biaya produksi dengan usaha-usaha intensifikasi, sehingga produksi yang dihasilkan sesuai dengan standar yang telah ditentukan, dan pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan para petani

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEUNTUNGAN PERALIHAN TANAMAN JAGUNG MANIS KE TANAMAN PISANG BARANGAN DI KECAMATAN LEMBAH SEULA WAH ACEH BESAR (RAHMANIZA, 2020)

PROSPEK PENGEMBANGAN USAIATANI PISANG CAVENDISH DI SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (KHAIRUL AMALI, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHA TANI CABAI MERAH DENGAN SISTEM INTENSIF DAN DENGAN SISTEM SEMI INTENSIF DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Zulhelmi, 2021)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI PISANG BARANGAN DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Asra, 2014)

PERANAN AGROINDUSTRI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN JUMLAH PENDAPATAN MASYARAKAT DI SAREE KECAMATAN LEMBAB SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Liza Rizkia, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy