//

KAJIAN PENYEBARAN MERKURI (HG) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ORDINARY KRIGING DI DESA PULOLOIH KECAMATAN GEUMPANG PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REYZA GAYO - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dampak lingkungan merupakan salah satu masalah yang perlu diperhatikan dalam kegiatan penambangan sehinggakegiatan penambangan ilegal yang kurang memperhatikan dampak lingkungan perlu mendapatkan perhatian khusus. Merkuri adalah logam cair yang umum digunakan dalam proses pemisahan konsentrat emas dari pengotornya, amalgamasi. Penggunaan merkuri dalam proses amalgamasi, tanpa kontrol, dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Dampak pencemaran merkuri pada tambang emas tradisional di Desa Puloloih Pidie, dipelajari khususnya pada air permukaan dan air tanah. Tujuannya untuk meneliti sejauh mana tingkat penyebaran merkuri akibat proses amalgamasi yang dilakukan oleh penambang emas tradisional di Kecamatan Geumpang. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel air dari air permukaan dan air tanah pada titik-10 titik sampel yang telah ditentukan pada batasan area tertentu. Sampel tersebut dibagi menjadi training dan test data untuk menentukan model semivariogram dengan menghitung RMSE untuk memprediksi sebaran merkuri. Metode yangdigunakan adalah metode Ordinary Kriging. Nomor sampel A-03, dan A-07 digunakan sebagai test data untuk menguji akurasi model semivariogram. Dengan formula RMSE pada ketiga test data terhadap tiga model semivariogram teoritis, didapatkan model sphericaldengan nilai RMSE terkecil yaitu 0.38491. Oleh karena itu, model sphericaldigunakan pada penelitian ini. Interpolasi hasil prediksi denganmetode ordinary kriging menghasilkan peta yang menampilkan sebaran merkuri pada desa Puloloih kecamatan Geumpang, Pidie. Kata kunci:Desa Puloloih, merkuri, ordinary kriging, semivariogram, tambang

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KANDUNGAN MERKURI PADA IKAN BARBODES SCHIIWANENFELDI DAN OSTEOCHILLUS HASSELTI PADA ALIRAN SUNGAI GEUMPANG DI KAWASAN KECAMATAN GEUMPANG DAN KECAMATAN MANE KABUPATEN PIDIE (Hendriansyah, 2018)

PENERAPAN METODE ORDINARY KRIGING PADA PENDUGAAN KASUS BARU TUBERKULOSIS BTA POSITIF DI KABUPATEN ACEH BESAR (AJA FATIMAH ZOHRA, 2019)

INVESTIGASI PENYEBARAN MERKURI (HG) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SURVEI GEOKIMIA DENGAN ANALISIS (ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY- AAS) DI GAMPONG DATAR LUAS DAN SEKITARNYA KECAMATAN KRUENG SABE ACEH JAYA (Rasdino Winata, 2017)

PERANCANGAN SLUICE BOX DENGAN PENAMBAHAN SERAT IJUK (ARRENGA PINATA0 PADA PERTAMBANGAN EMAS ARTISANAL GEUMPANG, PIDIE, ACEH (Muhammad Wildan, 2018)

ANALISIS BIAYA DAN MANFAAT USAHA PERKEBUNAN KOPI RAKYAT DI KECAMATAN GEUMPANG KABUPATEN PIDIE (Rahmat Fitrian Ady Putra, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy