//

ANALISIS KENDALA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Ardhilla Putri - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Kendala, pembelajaran, guru, siswa Pelaksanaan proses pembelajaran idealnya harus mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Namun, dalam pelaksanaannya sering kali guru dan siswa mengalami kendala sehingga tujuan pembelajaran sulit untuk tercapai. Untuk meminimalisir kendala tersebut, perlu diketahui faktor-faktor penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kendala yang dialami oleh guru (2) kendala yang dialami oleh siswa (3) faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan analisis deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kendala yang dialami guru meliputi: (a) guru kesulitan menentukan metode maupun media yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran matematika; (b) guru kesulitan dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik; (c) guru masih sulit melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa aktif. (2) kendala yang dialami siswa meliputi: (a) masih rendahnya keberanian siswa untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami; (b) siswa belum memiliki keberanian untuk mengemukakan ide maupun menyanggah pendapat; (c) siswa belum memiliki keberanian mengerjakan soal ke depan tanpa ditunjuk guru. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakberhasilan pembelajaran matematika yaitu: (a) faktor peserta didik sebesar 29,43% memperlihatkan bahwa faktor tersebut merupakan pilihan terbesar dari keempat faktor yang ada; (b) faktor sarana prasarana sebesar 24,90%; (c) faktor guru sebesar 23,40%; dan (d) faktor evaluasi pembelajaran sebesar 22,26% dari keempat faktor yang ada.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TES MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Suri Khairah, 2014)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TARI RATEB MEUSEUKAT PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (Ristia Ananda, 2018)

PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2021/2013 (DEVI AGUSTINA, 2014)

PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA KELAS KHUSUS DAN REGULER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII MTSN RUKOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Nurul Hidayah, 2016)

ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA UJIAN SEMESTER GANJIL SISWA KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Fifi Fajar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy