//

KENDALA GURU MATEMATIKA DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risa Handayani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
CURRICULUMS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kendala, Guru, RPP, Model Pembelajaran Penelitian yang berjudul “Kendala Guru Matematika Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Kota Banda Aceh Tahun 2014” ini mengangkat masalah mengenai kendala-kendala guru matematika di SMP Kota Banda Aceh dalam menyusun RPP khususnya dalam menentukan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala-kendala guru matematika di SMP Kota Banda Aceh dalam menentukan model pembelajaran pada penyusunan RPP . Subjek penelitian difokuskan pada guru matematika kelas VII SMP Kota Banda Aceh berjumlah 8 orang yang terdiri dari SMP Negeri 3 Banda Aceh, SMP Negeri 9 Banda Aceh dan SMP Negeri 10 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Angket terdiri dari 3 jenis angket berjumlah 44 butir soal untuk mengetahui persentase kendala, pengetahuan dan pemahaman guru dalam menentukan model pembelajaran. Sedangkan wawancara terdiri dari 15 butir soal dan dilakukan untuk mempertegas hasil angket serta mengetahui secara lebih detail mengenai kendala guru dalam menentukan model pembelajaran pada RPP. Pengolahan data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru terhadap model pembelajaran masih tergolong kurang baik dan guru mengalami kendala yakni (1) menentukan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa, materi ajar, fasilitas dan media pembelajaran, membedakan model pembelajaran satu dengan model pembelajaran lainnya serta mengimplementasikan kegiatan mengamati dan mengasosiasikan ke dalam model pembelajaran diperoleh sebesar 75,0%, (2) menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan indikator dan mengimplementasikan kegiatan mencoba diperoleh sebesar 62,5%, (3) menentukan model pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang disediakan sebesar 87,5%, dan (4) mengimplementasikan kegiatan menanya dan mengkomunikasikan ke dalam model pembelajaran sebesar 50,0%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

AN ANALYSIS OF TEACHER’S USE OF ENGLISH IN TEACHING MATHEMATICS (A CASE STUDY AT TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH) (Muthia Kumala Dewi, 2018)

KENDALA-KENDALA GURU IPS DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 DAN MENERAPKANNYA (SUATU STUDY PADA SMP NEGERI 4 TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE). (Gundawari, 2019)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII (Syarifah Syifa, 2020)

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy