//

PENGARUH WAKTU MILLING TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MATERIAL PENYIMPANAN HIDROGEN SISTEM MGH2-FE3O4

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AYU ULANDARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hidrogen merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang memiliki resprodusibel yang baik, emisi nol polutan dan ketersediaan kelimpahan. Hidrogen sangat cocok digunakan sebagai energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar saat ini yaitu minyak bumi. Sehingga para peneliti mencari system penyimpanan hidrogen yang memenuhi standar yaitu memiliki kemampuan menyimpan hirogen minimal 5wt% pada temperatur operasional dibawah 100ºC dan waktu melakukan asorpsi/desorpsi kurang dari 1 jam. Salah satunya dengan memanfaatkan Mg (magnesium) untuk menyimpan hidrogen dengan kemampuan menyerap hidrogen mencapai 7,6wt%, akan tetapi Mg membutuhkan temperatur yang tinggi dan waktu saat menyerap hidrogen. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperbaiki temperatur desorpsi hidrogen dan kapasitas desorpsi hidrogen dengan melalukan variasi waktu milling menggunkan teknik Mechanicak Alloying, material penyimpanan hidrogen yang digunakan yaitu MgH2–10wt%Fe3O4 dengan waktu milling 10jam,20 jam,dan 30 jam rasio bola 10:1 dan kecepatann 350 rpm. Fasa utama yang hadir pada uji XRD MgH2 dan Mg(OD)2, dengan ukuran kristal yang semakin kecil. Dari hasil SEM menunjukan partikel semakin pipih diikuti dengan semakin luas permukaan, ukuran partikel pada sampel homogen. Hasil pengujian Differential Scanning Calorimetry (DSC) menunjukan penurunan temperatur desorpsi mencapai 369ºC pada waktu milling 30 jam, dengan hasil uji kapasitas pelepasan hidrogen sebesar 1,463 mg pada waktu 426 detik. Sehingga dapat disimpulkan dengan penambahan katalis dan waktu milling akan mempengaruhi penurunan temperatur desorpsi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KATALIS MAGNETITE (FE3O4) BERBASIS BAHAN ALAM TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MGH2 UNTUK APLIKASI MATERIAL PENYIMPAN HIDROGEN (MAULINDA, 2016)

STUDI PENGARUH WAKTU MILLING TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MATERIAL PENYIMPANAN HIDROGEN BERBASIS MGH2 YANG DIADISI KATALIS SIO2 DARI PASIR KUARSA (MIRZA ARJUNI SINAGA, 2016)

¬PENGARUH SISIPAN KATALIS SIO2 DALAM MGH2 TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI UNTUK APLIKASI MATERIAL PENYIMPAN HIDROGEN (ELISA PAJRIANA, 2015)

PENGARUH WAKTU MILLING TERHADAP KARAKTERISTIK MGH2 DENGAN KATALIS SIO2 DARI ABU SEKAM PADI DAN NI UNTUK APLIKASI PENYIMPANAN HIDROGEN (MARLINDA, 2018)

STUDI PENGARUH KATALIS SIO2 DARI PASIR KUARSA TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MATERIAL PENYIMPANAN HIDROGEN BERBASIS MGH2 (INDAH ANGGREINI AKBAR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy