//

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asfi Yanti - Personal Name
SubjectMATHEMATICS - TEACHING
ARITHMETIC
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Analisis, Kesulitan, Materi Aritmatika sosial Matematika merupakan salah satu bidang studi yang diajarkan setiap jenjang sekolah, baik tingkat dasar, menengah maupun di perguruan tinggi. Salah satu materi dalam mata pelajaran matematika adalah materi aritmatika sosial. Materi ini diberikan di SMP kelas VII semester 1. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes dan berupa hasil wawancara. Analisis data hasil tes menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan persentase sedangkan data hasil wawancara dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan wawancara dan observasi terhadap guru matematika di SMP Negeri 2 Banda Aceh terungkap bahwa sebagian besar siswa belum memahami materi aritmatika sosial, misalnya menentukan harga jual, harga beli , diskon, bunga , neto, bruto dan juga tara. Mengingat kenyataan tersebut, peneliti tertarik untuk mengungkap lebih jauh tentang masalah ini dengan melakukan penelitian berjudul “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Tahun Ajaran 2013/2014”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 2 Banda Aceh yang berjumlah 24 orang. Dari hasil tes tertulis para siswa dibagi menjadi 3 kategori, yakni kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah. Berdasarkan dari hasil analisis data bahwa dari 24 orang siswa yang dijadikan subjek penelitian diperoleh: (1) kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan dalam menggunakan prinsip, dan kesulitan dalam bentuk verbal. (2) faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa antara lain: (a) Kemampuan siswa yang rendah dan pemahaman konsep dasar aritmatika yang masih rendah; (b) Kurangnya perhatian dan keseriusan dalam belajar; (c) Kurangnya latihan dalam menjawab soal; (d) Kurang penghayatan dalam membaca soal; dan (e) Ketidakmampuan menganalisis soal cerita. Adapun alternatif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memecahkan masalah aritmatika sosial yaitu pengajaran remedial, penguatan, latihan-latihan dan diskusi kelompok.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE SQ3R PADA MATERI ARITMATIKA SOSIALRNDI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Viki Intania, 2015)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PDA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (Zuarni Verina, 2017)

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 1 BAITUSSALAM TAHUN AJARAN 2013/2014 (Nadya Muharramah, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP 9 BANDA ACEH (Hilda Restina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy