//

PENGARUH KARAKTERISTIK DAN PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP IMUNISASI DASAR PADA ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang OCTAVINA SUSANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Imunisasi adalah bentuk intervensi kesehatan yang dinilai efektif menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi dan balita. Imunisasi dapat mencegah berbagai penyakit seperti TBC, difteri, pertussis, tetanus, hepatitis B dan penyakit lainnya. Di Indonesia Aceh merupakan propinsi dengan cakupan imunisasi paling rendah, dimana hanya 20% anak aceh yang mendapatkan imunisasi dasar lengkap, dan didapatkan jenis imunisasi yang paling rendah adalah DPT-HB-HiB sebesar 61,3%. Peran orangtua dalam program imunisasi sangat penting, pemahaman tentang imunisasi sangat diperlukan, perilaku masyarakat tentang kesehatan sangat ditentukan oleh sikap, pengetahuan, kepercayaan, tradisi, dan sebagainya dari orang atau masyarakat yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi orangtua terhadap imunisasi, mengidentifikasi kelengkapan imunisasi pada anak dan menganalisis hubungan persepsi orangtua terhadap imunisasi dengan kelengkapan imunisasi di RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional dengan menggunakan kuesioner yang ditujukan pada orangtua yang memiliki anak usia 9 bulan sampai dengan 2 tahun dengan jumlah sampel sebanyak 51 orang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Analisa data menggunakan analisis bivariat dan multivariat dengan Chi-square test. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan karakteristik subyek penelitian usia terbanyak responden 30-39 tahun, dengan mayoritas pendidikan terakhir adalah pendidikan tinggi, pendapatan perbulan 1-3 juta, dan jumlah anak 1-2 orang, mayoritas subyek penelitian melengkapi imunisasi dasar pada anaknya, mayoritas subyek penelitian ragu-ragu terhadap imunisasi, Kesimpulan tidak terdapat hubungan usia, tingkat pendidikan, dan pendapatan terhadap kelengkapan imunisasi pada anak, namun terdapat hubungan tingkat pendidikan dengan kelengkapan imunisasi dasar pada anak. Kata kunci: persepsi orangtua, karakteristik orangtua, imunisasi dasar, anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Novizayuna, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN REAKSI DAN KECEMASAN ORANGTUA AKIBAT HOSPITALISASI ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (LENY MARLINA, 2019)

HUBUNGAN IMUNISASI DASAR LENGKAP DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA DI RSUDZA BANDA ACEH (AISYAH LAILLA Z, 2019)

PENGARUH EMOSIONAL PEKERJA TERHADAP KINERJA; PENYAMPAIAN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (YUNI ANANDA ZULFIDA, 2016)

HUBUNGAN PERSEPSI KELUARGA TENTANG KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN ASUHAN KEPERAWATAN ANAK BERFOKUS PADA KELUARGA DI RUANG SEURUNE 1 RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH 2012 (Anitawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy