//

PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI DAN PENGEMBANGAN EKOWISATA DI HUTAN LEUSER KEDAH, DESA PENOSAN SEPAKAT KECAMATAN BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAYANI FITRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi yang meliputi kriteria ekologi, ekonomi dan kriteria sosial kawasan di Hutan Leuser Kedah Kecamatan Blangjerango Kabupaten Gayo Lues. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan dari tanggal 06 April sampai dengan 05 mei 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Analisis data kriteria Ekologi Mencakup keanekaragaman jenis Flora dan Fauna. Kriteria ekonomi dan kriteria sosial dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil Penelitian Menunjukkan jenis Flora dan Fauna sangat beranekaragam, unik dan khas. Sebagian besar (73%) masyarakat bermata pencaharian sebagai petani, lebih banyak dibandingkan masyarakat yang bermata pencaharian sebagai tukang bengkel yang hanya 1%. Berdasarkan kriteria sosial, persentase sudut pandang masyarakat yang diperoleh untuk pernyataan pengetahuan 89% termasuk dalam kategori tinggi, persentase partisipasi masyarakat untuk pernyataan pengetahuan 88%, dan persentase budaya masyarakat untuk pernyataan pengetahuan 93%. Kesimpulan penelitian ini adalah keanekaragaman Flora dan Fauna yang terdapat di Kawasan Hutan Leuser Kedah tergolong tinggi. Kriteria ekonomi untuk pendapatan perkapita masyarakat masih berpendapatan rendah, tingkat penggunaan habitat untuk parawisata tinggi, dan mata pencaharian masyarakat sebagian besar sebagai petani. Kriteria sosial meliputi pandangan masyarakat, partisipasi masyarakat dan budaya masyarakat adalah tinggi. Kata Kunci : Kawasan Konservasi, Ekowisata, Hutan leuser

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI JENIS TUMBUHAN LUMUT DI KAWASAN RAINFOREST LODGES KEDAH KECAMATAN BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES (ISMAWATI, 2020)

KEANEKARAGAMAN INSEKTA PERMUKAAN TANAH DI KAWASAN RAINFOREST LODGES KEDAH BUNGA LOW KECAMATAN BLANGJERAGO, KABUPATEN GAYO LUES (Kasmawati, 2020)

TINGKAT KESAMAAN JENIS KUPU-KUPU (ORDO LEPIDOPTERA) HUTAN KEDAH DAN KAWASANPERKEBUNAN MASYARAKATDI KECAMATAN BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES (INTAN SULASTRI, 2021)

PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI DAN PENGEMBANGAN EKOWISATA DI HUTAN LEUSER KEDAH, DESA PENOSAN SEPAKAT KECAMATAN BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES (RAYANI FITRI, 2021)

OPTIMALISASI PEMANFAATAN HASIL HUTAN BUKAN KAYU OLEH MASYARAKAT BLANG JERANGO DI KAWASAN PENYANGGA TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER (Herdansyah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy