//

KAJIAN SKENARIO PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP DEBIT PUNCAK DAN KAPASITAS TAMPUNG SUNGAI DI DAS KRUENG SEUNAGAN PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AFRIADI IHSAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Karakteristik DAS sangat diperlukan untuk mengidentifikasi debit banjir. Penggunaan lahan salah satu faktor dalam menyimpan air hujan yang jatuh, sehingga tujuan penelitian ini adalah mengkaji skenario penggunaan lahan terhadap debit puncak dan kapasitas tampung sungai dimana analisa debit puncak menggunakan “metode rasional”. Data yang digunakan adalah batas DAS, penggunaan lahan, curah hujan, citra landsat TM. 8 dan citra digital AsterGDEM. Penelitian dilaksanakan di DAS Krueng Seunagan pada bulan Februari sampai Agustus 2019. Hasil yang diperoleh indeks tingkat percabangan sebesar 3,066 menunjukkan alur sungai DAS Krueng Seunagan mempunyai kenaikan dan penurunan muka air banjir yang tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lambat. Indeks kerapatan sungai sebesar 0,53 termasuk kelas kerapatan “sedang” dan angkutan sedimen yang terangkut besar. Koefisien limpasan bernilai 0,05048-0,07195 menunjukkan bahwa kawasan DAS Krueng Seunagan tergolong kedalam “kelas baik atau tidak berbahaya”. Berdasarkan perhitungan debit puncak dan kapasitas tampung sungai di DAS Krueng Seunagan akan terjadi banjir bila debit puncak melebihi 158,474 m3/det, sehingga jika dilihat dari skenario penggunaan lahan dan periode curah hujan yang semakin meningkat maka perlu dilakukan upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir di DAS Krueng Seunagan. DAS Krueng Seunagan akan terus mengalami banjir jika curah hujan maksimun yang terjadi sesuai dengan periode ulang. Untuk mendapatkan koefisien yang konstan harus mempertahankan luasan hutan selain upaya hidroulik dengan perbaikan penampang sungai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERUBAHAN TATA GUNA LAHAN TERHADAP HIDROGRAF BANJIR PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG PASE KABUPATEN ACEH UTARA (RAHMAWATI, 2019)

KAJIAN PENELUSURAN BANJIR (FLOOD ROUTING) TERHADAP KAPASITAS TAMPUNGAN SUNGAI DI HILIR WADUK KEUREUTO KABUPATEN ACEH UTARA (Rais Buldan, 2016)

ANALISIS PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI DAERAH ALIRAN SUNGAI STUDI KASUS SUB DAS KRUENG SEULIMUEM, KRUENG KEUMIREU DAN KRUENG INONG (Jufriadi, 2016)

PENGARUH PEMBUATAN WADUK RUKOH DAN WADUK TIRO TERHADAP PENURUNAN MUKA AIR BANJIR SUNGAI KRUENG TIRO KABUPATEN PIDIE (edi subroto, 2016)

PENGARUH KARAKTERISTIK DAS DI WS WOYLA-BATEUE TERHADAP BESARAN DEBIT PUNCAK BANJIR (Maimun Azwar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy