//

MANAJEMEN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SD DI GUGUS 1 INDRAPURI ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sardani - Personal Name

Abstrak/Catatan

MANAJEMEN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SD DI GUGUS 1 INDRAPURI ACEH BESAR Oleh : Sardani NPM : 1809200050003 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Khairuddin, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Manajemen Gerakan Literasi Sekolah merupakan suatu proses merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, mengawasi, mengevaluasi dan mendayagunakan seluruh sumber daya sekolah dalam rangka untuk mencapai tujuan program gerakan lierasi sekolah secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan program gerakan literasi sekolah; (2) Implementasi gerakan literasi sekolah; (3) Mengevaluasi implementasi gerakan literasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari; kepala sekolah, komite sekolah, guru, kepala pustaka dan siswa di SD Gugus 1 Indrapuri Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan program gerakan literasi sekolah disetiap SD Gugus 1 Indrapuri sudah merumuskan tahapan pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran berdasarkan rencana strategis sekolah dan rujukan dari Kemendikbud Tahun 2015 untuk menumbuhkan minat baca siswa; (2) Implementasi program gerakan literasi sekolah di SD Gugus 1 Indrapuri untuk meningkatkan minat baca melalui kegiatan 15 menit membaca buku pengayaan yang tersedia di pojok baca dan sebahagian sekolah masih memiliki kendala pada kurangnya persediaan buku bacaan di sekolah; (3) Hasil evaluasi kegiatan program gerakan literasi sekolah di SD Gugus 1 Indrapuri Aceh Besar sebahagian besar sudah terlihat peningkatan minat membaca siswa dengan intensitas kunjungan ke perpustakaan dan pemanfaatan pojok baca. Kendalanya masih ada beberapa siswa belum mampu membuat resume dan membuat karya secara mandiri. Kata Kunci : Manajemen, Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIASAAN, MINAT, DAN PEMAHAMAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS X PADA SMA PELAKSANA PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI BANDA ACEH DAN ACEH BESAR (ULFA KHAIRA, 2020)

PENGARUH PROGRAM PERPUSTAKAAN KELILING TERHADAP MINAT BACA MASYARAKAT (STUDI DI GAMPONG ULEE LHEUE, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (MUTIA FARASA NIA S, 2018)

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MIRA ZAHARA, 2019)

HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (julianda saputra, 2013)

MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA (Nur Afni, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy