HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN PEMAKAIAN JILBAB DENGAN ORIENTASI KEAGAMAAN SISWI MAN DAN SISWI SMA (STUDI KOMPARATIF PADA SISWI MAN DAN SISWI SMAN 5 DARUSSALAM) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN PEMAKAIAN JILBAB DENGAN ORIENTASI KEAGAMAAN SISWI MAN DAN SISWI SMA (STUDI KOMPARATIF PADA SISWI MAN DAN SISWI SMAN 5 DARUSSALAM)


Pengarang

Fatimah Zuhra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0061432971

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Berbusana muslimah dapat mencermink an orientasi keagamaan seseorang. Orientasi keagamaan memiliki beberapa aspek sikap yang berasal dari motivasi intrinsik (n.ilai kebutuhan, motivasi, keimanan, pernabaman Al-Qur'an, kedisiplinan dan nilai manfaat) dan ekstrinsik (pendid.ikan agama dalam keluarga, sekolah, masyarakat). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan dan perbedaan antara pemakaian jilbab dengan orientasi keagarnaan pada siswi MAN dan SMAN 5 Darussalam. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (a) terdapat hubungan positif antara pemakaian jilbab dengan orientasi keagamaan (b) terdapat perbedaan antara siswi MAN dengan SMAN 5 dalam pemakaian jilbab dan orientasi keagamaan.Sampel penelitian ini adalah siswi MAN dan siswi SMAN 5 Darussalam kelas II. Jumlab sampel seluruhn ya adalah 80 orang. Data dianalisis dengan rumus korelasi product moment clan rumus T-Tes
basil analisis menunjukkan babwa terdapat hubungan antara pemakaian jilbab dengan orientasi keagamaa n siswi MAN dengan nilai korelasi (0,461). Untuk siswi SMAN 5 Darussalam ctiperoleh nilai korelasi (0,496) dik.etahui harga r kritik product moment dengan tingkat kepercayaan 5% pada n = 40 adalab (0,312). Untuk perbedaan pemakaian jilbab dengan orientasi keaga.maan antara siswi MAN dan SMAN 5 Darussalam diperoleh nilai t (5,736) diketahui nilai t tabel diperoleh dengan tingkat kepercayaan 5% dengan dk = 80 adalah (2,62). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dan perbedaan yang signifik.an antara pemakaian jilbab dengan orientasi keagamaan pada siswi MAN dan SMAN 5 Darussalam.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK