//

DAMPAK POLA PENGASUHAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN PROFIL PERILAKU REMAJA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lisa Fakriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Masa remaja berada pada rentang kehidupan yang sulit, baik orang tua, guru maupun masyarakat memiliki tanggung jawab datam memegang kendati terhadap perkembangan profil perilaku remaja.Menentukan pola asuh terhadap pcrkembangan profit peritaku remaja merupakan salah satu sikap orang tua yang muUak dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab orang tua terhadap anak.Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Dampak Pola Pengasuhan Orang Tua Terhadap Perkembangan Profil Perilaku Remaja" dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk pota asuh yang diterapkan orang tua terhadap perkembangan profil pcrilaku remaja; dan (2) Dampak perkembangan profil pcrilaku remaja tentang pola pengasuhan yang dominan diterapkan oleh orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rnetode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Ill SMAN lI Banda Aceh,sedangkan pernitihan sampel diambil secara random sampling, yaitu siswa kelas III IPS, sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket yang disebarkan kepada seluruh sampel yang terpilih. Data diolah dengan menggunakan rumus persentase. Bcrdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (I) Pola asuh yang diterapkan orang tua memberi dampak yang sangat besar terhadap perkembangan profit perilaku remaja. Pola asuh authoritarian akan membentuk profil perilaku anak yang suka membangkang dan keras kepala, pola asuh permissive akan membentuk profil perilaku yang manja dan cepat putus asa dalam menghadapi masalah, sedangkan pola asuh authoritative atau identik dengan orang tua yang bersifat demokratis, akan membentuk kepribadian dan profit perilaku remaja yang baik dan sesuai dengan harapan; dan (2) Pola pengasuhan yang dominan diterapkan oleh orang tua adalah pola asuh authoritative atau dcmokratis, schingga profil perilaku yang terbentuk adalah profil perilaku yang sehat dan positif, seperti tercapainya remaja-remaja yang mandiri, tegar, bertanggung jawab. Disarankan kepada remaja agar selaJu memelihara perilaku yang baik dengan cara menghargai dan menghormati orang ruanya yang selalu memberi bimbingan dalam kehidupannya, untuk orang tua agar bisa mempertahankan bentuk pola asuh yang dominan diterapkan pada hasil penelitian ini, bagi masyarakat diharapkan agar turut serta menciptakan lingkungan pergaulan yang positif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK PERILAKU TURIS TERHADAP MORAL REMAJA (STUDI KASUS DI GAMPONG IBOIH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG) (Diana Armeli, 2017)

PARENTAL AUTHORITY DAN CAREER DECISION SELF-EFFICACY PADA REMAJA DI ACEH (PUTRI YUNI HUMAIRA, 2020)

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SIBLING RELATIONSHIP PADA REMAJA AWAL DI KOTA BANDA ACEH (Mauliza Novradilla, 2016)

POLA PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MEMBINA PERILAKU ANAK DALAM KELUARGA DI KABUPATEN ACEH BESAR (Zhafirah, 2019)

HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DENGAN KENAKALAN REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Zuhairah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy