//

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA PADA INDUSTRI PENGOLAHAN ROTI (STUDI KASUS : UD. SARIGUT BAKERY)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SALFAN ANANTA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Faktor utama untuk meraih kesuksesan bisnis dalam era globalisasi adalah kualitas. Pengendalian kualitas merupakan kunci dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Dalam proses produksi perusahaan masih dijumpai produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sigma dan hal-hal yang mempengaruhi terjadinya cacat dengan tujuan untuk meminimalisir produk cacat. Objek penelitian ini adalah produksi roti tawar di UD. Sarigut Bakery. Pengumpulan data dilakukan sesuai hasil observasi selama 15 hari. Pengendalian kualitas statistik dilakukan menggunakan pendekatan six sigma melalui DMAIC. Tools yang digunakan dalam penelitian ini adalah peta kendali proporsi, diagram pareto, diagram fishbone. Berdasarkan tahap define, diperoleh 3 jenis cacat pada roti tawar yaitu penyok, kotor, dan hangus. Berdasarkan tahap measure, diperoleh jumlah DPMO sebesar 7299,742. Hal tersebut menunjukkan bahwa produksi ini memiliki nilai sigma sebesar 3,941. Sehingga diperlukan analisis dan perbaikan agar produksi perusahaan mencapai level 4 sigma. Pada tahap analyze, diperoleh faktor-faktor utama penyebab cacat yang terjadi pada roti tawar dapat dilihat dari empat faktor yaitu faktor manusia, metode, mesin, dan lingkungan. Kemudian pada tahap improve, terdapat sembilan usulan perbaikan yang dapat dilakukan untuk meminimalisir produk cacat. Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, Six Sigma, Produksi Roti, Diagram Fishbone.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

USULAN PENERAPAN LEAN SIX SIGMA DAN FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS) DALAM UPAYA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK ROTI MESES (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY, DI BANDA ACEH) (Mika Sriwahyuni, 2018)

ANALISIS PEMENUHAN KRITERIA PENERAPAN GOOD HALAL MANUFACTURING (GHMP) PADA INDUSTRI ROTI (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY) (ULIA VIATNA, 2018)

PENINGKATAN PROSES BINIS MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS MODELLING AND NOTATION (STUDI KASUS: UD. SRIGUT BAKERY DI KOTA BANDA ACEH) (Puji Renza Putri, 2018)

INTEGRASI LEAN DAN GREEN MANUFACTURING PADA PRODUKSI ROTI TAWAR KUPAS (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY) (Syafira Meutia, 2018)

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAAN TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN ROTI NUSA INDAH BAKERY LHOKNGA, ACEH BESAR (Andika Yudha, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy