//

KAJIAN GREEN MANUFACTURING PADA INDUSTRI PENGGILINGAN PADI (STUDI KASUS: CV. MEUTUAH BARO)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhayati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Seiring dengan perkembangan sektor industri yang sangat pesat, tidak dapat dipungkiri permasalahan lingkungan yang timbul juga ikut meningkat. Oleh karena itu, setiap industri harus memperhatikan aspek lingkungan dengan baik agar terciptanya industri yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah memperhatikan masalah energy dan material waste. Berdasarkan tinjauan lapangan, permasalahan yang terjadi di CV. Kilang Padi Meutuah Baro yaitu penggilingan padi berulang terhadap penggunaan energi, pemborosan material pada saat pengeringan dan penanganan limbah sisa produksi yang belum tepat dilakukan oleh perusahaan. Sehingga dilakukan penelitian pada perusahaan tersebut untuk meminimasi atau mengurangi jumlah energy dan material waste yang terdapat dalam aliran proses produksi. Penelitian dilakukan pada kilang padi yang terdiri dari 10 tahapan proses produksi. Analisis waste pada produksi ini ditinjau menggunakan Environmental Value Stream Mapping (EVSM). Berdasarkan hasil analisis current E-VSM diperoleh 9 parameter output yang termasuk material waste dengan jumlah sebesar 11.214,27 kg. Pada proses penampungan sekam, dedak halus dan dedak kasar dilakukan antispasi waste agar tidak terlalu mengganggu kondisi sekitar lingkungan. Dengan adanya penambahan sistem Environmental, Health and Safety (EHS) menggunakan paranet dapat mengurangi volume waste yang beterbangan dari kegiatan proses produksi. Maka terciptanya green manufacturing yang memiliki konsep dasar zero emission strategy. Kata Kunci: Waste, environmental value stream mapping, green manufacturing, environmental, health and safety, padi dan penggilingan padi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN GREEN MANUFACTURING PADA INDUSTRI PENGGILINGAN PADI (STUDI KASUS: CV. MEUTUAH BARO) (Nurhayati, 2021)

ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PERUSAHAAN PENGGILINGAN PADI(STUDI KASUS MEUTUAH BARU KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR) (Rizky Prabudi S, 2020)

ANALISIS FINANSIAL PADA PERUSAHAAN KILANG PADI MEUTUAH BARU KECAMATAN KUTA BARO ACEH BESAR (Tomi Agusardi, 2020)

ANALISIS TINGKAT PENCAHAYAAN DAN KELEMBABAN RELATIF DI PABRIK PENGGILINGAN PADI CV. MEUTUAH BARO DAN UD. HSLM KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Mufadhil, 2013)

ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGGILINGAN PADI PADA PERUSAHAAN HIDUP BARU DI DESA COT YANG KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Ida Hafni, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy