ANALISIS FUNGSI PRODUKSI INDUSTRI KECIL PASCA TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS FUNGSI PRODUKSI INDUSTRI KECIL PASCA TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Safrizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0201101010085

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada akhir tahun 2004 telah menghancurkan sebagian daerah Nanggroe Aceh Darussalam. Bencana tersebut juga memporak-porandakan industri kecil yang ada di Kota Banda Aceh sehingga tidak dapat berproduksi secara optimal pasca tsunami. Oleh karena itu,tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi produksi industri kecil pasca tsunami di Kota Banda Aceh. Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai informasi dan gambaran tentang industri kecil di Kota Banda Aceh pasca bencana alam Gempa Bumi dan Tsunami pada tahun 2004.Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan konsep-konsep teoritis dan secara kuantitatif dengan model statistik dan kemudian data diolah dengan menggunakan program SPSS.Hasil penelitian dapat digambarkan bahwa Perkembangan jumlah
produksi, penggunaan modal dan tenaga kerja mengalami penurunan pasca terjadinya gempa bumi dan tsunami di Kota Banda Aceh. Dari hasil analisis di dapat LnQ = 12,731 + 0,177 K + 0,283 L. Dimana fungsi produksi industri kecil di Kota Banda Aceh pasca tsunami mengalami decreasing return to scale atau skala produksi yang semakin menurun, ini ditandai dengan a + 3 < I (0,177 + 0.283 = 0,460), dimana 0,460 < 1I karena setiap perubahan pada tingkat input akan menghasilkan perubahanpada tingkat output yang semakin menurun.
Industri kecil di Kota Banda Aceh pasca tsunami mampu bertahan untuk berproduksi kembali, diharapkan kepada pemilik usaha industri kecil agar dapat meningkatkan kualitas produk dan kepada pemerintah daerah atau instansi terkait agar membina kembali industri kecil supaya dapat berjalan lebih baik lagi dan membantu meringankan beban pengusaha dalam hal permodalan.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK