ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA KELAS V SD NEGERI 33 KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA KELAS V SD NEGERI 33 KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Intan Mulia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040057

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

372.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: analisis, kesalahan siswa, soal cerita, penjumlahan dan pengurangan
pecahan
Penelitian yang berjudul “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Pada Kelas V SD Negeri 33 Kota Banda Aceh” ini mengangkat masalah tentang kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan penyebab kesalahan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan pecahan serta untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 33 Kota Banda Aceh sebanyak 29 orang. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara, dimana pengelolahan data menggunakan rumus persentase untuk melihat kemampuan siswa sehingga dapat diketahui kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam memahami maksud soal, kesalahan dalam pemahaman konsep, dan kesalahan dalam melakukan langkah penyelesaian soal. Penyebab kesalahan-kessalahan tersebut adalah siswa tidak mampu menganalisis apa yang ditanyakan dan diketahui pada
soal yang berbentuk cerita, siswa tidak mampu mencerna atau memahami bahasa, siswa masih merasa kesulitan dalam melakukan perhitungan operasi pengurangan sebanyak dua kali, siswa tidak teliti dalam mengerjakan soal, kurangnya minat belajar dan mengulang kembali pelajaran, siswa tidak menguasai perkalian dan pembagian serta tidak paham konsep penjumlahan dan pengurangan sehingga siswa tidak mampu menyelesaikan soal. Disarankan kepada siswa untuk lebih teliti dalam memahami soal cerita matematika, agar tidak terjadi kesalahan dalam menjabarkan jawaban.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK