TANGGAPAN DAN HARAPAN SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

TANGGAPAN DAN HARAPAN SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH


Pengarang

NINA KAUSARINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104030035

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kausarina, Nina. 2021. Tanggapan dan Harapan Siswa Terhadap Layanan
Konseling Individual di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas
Syiah Kuala.
Pembimbing: (1) Drs. Said Nurdin, M.Si (2) Nurbaity, S.Pd., M.Ed
Kata Kunci: Konseling Individual, Tanggapan, Harapan
Tanggapan siswa terhadap layanan konseling individual dipengaruhi oleh kualitas
pelaksanaan layanan di sekolah. Kemudian tanggapan yang dimiliki ini akan
menentukan bagaimana siswa akan berharap pada layanan konseling individual di
masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki: 1) Gambaran tanggapan
siswa terhadap layanan konseling individual di SMA Negeri 4 Banda Aceh dan 2)
Gambaran harapan siswa terhadap layanan konseling individual di SMA Negeri 4
Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
teknik wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua dan tiga SMA
Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 8 subjek, pengambilan subjek menggunakan
teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan penelitian
dilakukan secara langsung dan daring. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari 8
responden menunjukkan bahwa: 1) Secara umum tanggapan siswa terhadap layanan
konseling individual kurang baik pada segi struktur, inisiatif, setting fisik dan
kualitas konselor; 2) Harapan siswa terhadap layanan konseling individual dari segi
fasilitas yaitu ruang bimbingan konseling diperluas dan membuat ruang khusus untuk
layanan konseling individual. Selanjutnya dari segi pelayanan yaitu adanya jam
khusus untuk pelayanan bimbingan konseling dan karakter guru bimbingan konseling
diharapkan lebih terbuka, ramah, objektif, humoris serta lebih mampu dalam
memahami dan mengakrabkan diri dengan siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK