PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI INTEGRAL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI INTEGRAL


Pengarang

Raudhatul Husna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1806203020029

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) merupakan pendekatan yang memadukan dua atau lebih disiplin ilmu Science, Technology, Engineering, and Mathematics ke dalam pembelajaran guna meningkatkan pembelajaran siswa. Praktik pendekatan STEM di Indonesia mulai digencarkan oleh Kemdikbud yang tergambar melalui pembelajaran di sekolah dan dilakukan berbagai pihak sebagai upaya diseminasi. Namun demikian, penerapan pendekatan STEM membutuhkan keahlian yang cukup besar dari segi konten maupun pedagogi. Matematika merupakan bidang studi yang terintegrasi dengan kesatuan yang utuh. Materi integral banyak berkontribusi pada banyak bidang lainnya. Harapannya, siswa tidak hanya belajar matematika, mereka juga belajar tentang kegunaan matematika. Namun perangkat pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi integral belum banyak tersedia. STEM diperlukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi integral yang valid dan praktis. Penelitian ini mengikuti pengembangan model Plomp yang terdiri atas tiga tahap yaitu pengkajian awal (preliminary research), tahap perancangan (prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Kegiatan uji coba lapangan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar analisis tahap pengkajian awal yang diberikan pada guru, lembar validasi yang diisi oleh validator, dan lembar pengamatan terhadap uji kepraktisan yang diisi oleh observer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, LKP dan Bahan Bacaan Software GeoGebra yang dikembangkan memenuhi kategori (1) valid karena semua validator menyatakan perangkat pembelajaran layak digunakan dan (2) praktis karena observer menyatakan kemudahan penggunaan perangkat pembelajaran dalam kategori baik, validator menyatakan perangkat dapat diterapkan, dan guru menyatakan perangkat mudah digunakan. Dengan demikian, perangkat pembelajaran dapat diujicobakan pada skala yang lebih luas untuk menguji keefektifannya.

Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, STEM, Integral, Software GeoGebra, Pembelajaran Daring

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK