//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI INTEGRAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Raudhatul Husna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) merupakan pendekatan yang memadukan dua atau lebih disiplin ilmu Science, Technology, Engineering, and Mathematics ke dalam pembelajaran guna meningkatkan pembelajaran siswa. Praktik pendekatan STEM di Indonesia mulai digencarkan oleh Kemdikbud yang tergambar melalui pembelajaran di sekolah dan dilakukan berbagai pihak sebagai upaya diseminasi. Namun demikian, penerapan pendekatan STEM membutuhkan keahlian yang cukup besar dari segi konten maupun pedagogi. Matematika merupakan bidang studi yang terintegrasi dengan kesatuan yang utuh. Materi integral banyak berkontribusi pada banyak bidang lainnya. Harapannya, siswa tidak hanya belajar matematika, mereka juga belajar tentang kegunaan matematika. Namun perangkat pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi integral belum banyak tersedia. STEM diperlukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi integral yang valid dan praktis. Penelitian ini mengikuti pengembangan model Plomp yang terdiri atas tiga tahap yaitu pengkajian awal (preliminary research), tahap perancangan (prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Kegiatan uji coba lapangan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar analisis tahap pengkajian awal yang diberikan pada guru, lembar validasi yang diisi oleh validator, dan lembar pengamatan terhadap uji kepraktisan yang diisi oleh observer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, LKP dan Bahan Bacaan Software GeoGebra yang dikembangkan memenuhi kategori (1) valid karena semua validator menyatakan perangkat pembelajaran layak digunakan dan (2) praktis karena observer menyatakan kemudahan penggunaan perangkat pembelajaran dalam kategori baik, validator menyatakan perangkat dapat diterapkan, dan guru menyatakan perangkat mudah digunakan. Dengan demikian, perangkat pembelajaran dapat diujicobakan pada skala yang lebih luas untuk menguji keefektifannya. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, STEM, Integral, Software GeoGebra, Pembelajaran Daring

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM MELALUI PJBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL (RIZKI JULINA, 2019)

PEMAHAMAN GURU MGMP BIOLOGI TERHADAP PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) DI KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR (AFRAH NADILA, 2020)

KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS PROJECT BASED LEARNING (STEM-PJBL) DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (YULIA, 2018)

PERANCANGAN SCIENCE DISCOVERY CENTRE DI BANDA ACEH (ULFA ADILLA, 2020)

KEMAMPUAN SISWA SMP MEMBUAT DENAH MELALUI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI PERBANDINGAN (MUTHMAINNAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy