//

KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP SEKTOR PERIKANAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD)DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hendra Kusuma - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hendra Kusuma dengan judul "Kebijakan Pemerintah Terhadap Sektor Perikanan Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerab (PAD) Di Provinsi Aceh", dengan Bapak Dr. lr. Sofyan, M.Agric.Sc selaku pembimbing utama dan Bapak. Dr. Ir. lndra, MP selaku pembimbing kedua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Mengetahui faktor-faktor yang berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap sektor perikanan dan mengetahui strategi kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Objek penelitian ini adalah nelayan yang menggunakan jasa pemerintah di sektor perikanan. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Aceh dari sektor perikanan adalah potensi dan dukungan lahan yang besar, pengelolaan, perawatan dan pelayanan yang memadai, adanya Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai pengelola keuangan sektor perikanan, motivasi berusaha nelayan yang besar untuk meningkatkan produksi perikanan di samping untuk meningkatkan ekonomi daerah, strategi pemerintah yang berdaya guna dan berhasil guna, minat investor baik dari pihak pemerintah maupun pihak swasta yang bergerak disektor perikanan, koordinasi dengan Dinas/Instansi dalam penyelenggaraan pembangunan sektor perikanan. Para pengambil kebijakan sektor perikanan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh dalam menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perikanan melalui pemanfaatan pelayanan pelabuhan, pelelangan ikan dan kekayaan pelabuhan. Untuk lebih mendukung terciptanya tujuan Pemerintah Daerah (Pemda) yang merata diseluruh daerah sesuai dengan prinsip otonomi daerah, maka ada lima kebijaksanaan pokok dibidang keuangan daerah, yaitu: I. Kebijaksanaan yang meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD); 2. Kebijaksanaan dibidang pengeluaran pemerintah; 3. Peningkatan kemampuan organisasi Pemerintah Daerah (Pemda); 4. Peningkatan sistem informasi keuangan daerah dan pengendalian pemerintah daerah; 5. Kebijaksanaan untuk mendorong keikutsertaan swasta dalam pelayanan masyarakat daerah. Peranan Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan cermin keberhasilan usaha-usaha atau tingkat kemampuan daerah dalam pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Penerimaan Pemerintah Daerah (Pemda) yang digunakan untuk membiayai pembangunan berasal dari beberapa sumber, salah satu sumber penerimaan itu adalah retribusi sektor perikanan. Untuk dapat membiayai dan memajukan daerah tersebut, antara lain dapat ditempuh suatu

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP BELANJA MODAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (Tri Pratiwi Prasetiyoningsih, 2016)

PENGARUH INVESTASI TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH SERTA DAMPAKNYA PADA KEMAMPUAN DAERAH MEMBIAYAI BELANJA PEGAWAI RN(STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH) (ifrizal, 2015)

ANALISIS EFEKTIVITAS PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN TINGKAT KEMANDIRIAN DAERAH DI PEMERINTAH ACEH TAHUN 2006- 2010 (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH ACEH) (savira noravita, 2013)

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP BELANJA LANGSUNG (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH) (NANDA DARMA, 2019)

ANALISIS PENGARUH PRODUKSI SUMBER DAYA PERIKANAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (ZULKIRAN, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy