//

PERSEPSI MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI DI BIDANG KELAUTAN DAN PERIKANAN DI DESA ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairul Azmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Khairul Azmi dengan judul skripsi "Persepsi Masyarakat Nelayan Terhadap Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Bidang Kelautan dan Perikanan di Desa Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh", dengan pembimbing utama Dr. Ir. Agussabti, M.Si. dan pembimbing kedua Dr. Ir. Sofyan, M.Agric.Sc. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan PNPM M-KP terhadap ekonomi nelayan dan bagaimana persepsi masyarakat nelayan terhadap bantuan PNPM M-KP di Desa Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh?Penelitian ini dilakukan di Desa Alue Naga dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut terdapat sebuah Program Pemberdayaan Masyarakat Nasional Mandiri yang berorientasi di bidang kelautan dan perikanan . Objek dalam penelitian ini adalah tenaga pendamping PNPM M-KP, perangkat desa, dan masyarakat nelayan yang memperoleh bantuan. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada peranan PNPM M-KP terhadap ekonomi nelayan dan persepsi masyarakat yang menerima bantuan PNPM M-KP di Desa Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus yaitu sebanyak 40 orang nelayan. Dari hasil penelitian, diperoleh gambaran bahwa bantuan PNPM M-KP berperan meningkatkan masyarakat nelayan di Desa Alue Naga.Selain terbantu secara ekonomi, masyarakat nelayan juga merasakan manfaat dari ilmu dibidang penangkapan dan kelautan selama mengikuti pelatihan dan terjadi penyerapan tenaga kerja lebih banyak setelah diberikan bantuan. Persepsi masyarakat terhadap bantuan PNPM M-KP sangat baik. Hal ini dikarenakan mereka sudah diberi pemahaman setiap kali diadakan pertemuan- pertemuan dan pelatihan sehingga mereka menyadari bahwa tujuan dari bantuan tersebut adalah untuk kepentingan mereka sendiri. Diharapkan kepada pemerintah agar bantuan PNPM M-KP ini terus dilanjutkan guna menambah modal nelayan agar lebih besar sehingga pendapatan mereka dapat meningkat lagi. Dan kepada nelayan diharapkan agar dapat meningkatkan keahlian dalam bidang penangkapan ikan dan memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang telah diberikan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI KELAUTAN PERIKANAN DI DESA ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (RAHMAT SURYANTO PIRNGADI, 2021)

MANFAAT PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT YANG DEMOKRATIS DALAM MEWUJUDKAN PEMBAGUNAN DESA YANG DEMOKRATIS DI DESA DAYAH SINTHOP KECAMATAN MILA KABUPATEN PIDIE (KHAIDIR, 2013)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI DESA LAMTANJONG KECAMATAN SUKA MAKMUR ACEH BESAR (T. Ismunandar, 2015)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (NURUL ISKI, 2020)

STRATEGI ADAPTASI NELAYAN DI DESA ALUE NAGA DALAM MENGHADAPI DAMPAK PERUBAHAN IKLIM (AURUM SAHLIDA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy