//

PROFIL IBU HAMIL DENGAN HBSAG POSITIF DAN GAMBARAN KARAKTERISTIK PAD BAYINYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RESTI ILLAHI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hepatitis B merupakan penyakit menular dengan prevalensi rata-rata 27.000.000 orang di dunia setiap tahunnya. Kemenkes RI pada tahun 2014 melaporkan terjadi peningkatan prevalensi Hepatitis B dua kali lipat pada tahun 2013 dibandingkan dengan tahun 2007 dengan prevalensi tertinggi pada tahun 2013 adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur (4,3%), sementara Provinsi Aceh (1,4%) berada pada peringkat ke 8. Hepatitis B dapat ditularkan dari ibu ke janin. Untuk mengurangi risiko transmisi, pemerintah merancang program Triple Eliminasi yang disahkan pada tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil ibu hamil dengan HBsAg positif dan gambaran karakteristik pada bayinya. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian diambil dari buku register dan rekam medik pasien ibu hamil dengan HBsAg positif dan data bayi baru lahir di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, pada periode bulan Januari 2018- Desember 2019. Data ibu yang dicatat adalah daerah asal, umur ibu, graviditas, jumlah paritas, riwayat abortus dan jenis persalinan. Data bayi yang dicatat adalah periode kehamilan, jenis kelamin, berat badan lahir dan panjang badan lahir. Didapatkan 56 responden ibu hamil dengan HBsAg positif dan bayinya yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prevalensi ibu hamil tertinggi berasal dari Aceh Besar (51,89%). Distribusi tertinggi ibu hamil dengan HBsAg positif adalah kelompok ibu usia produktif (71,4%). Jenis persalinan yang paling banyak dilakukan adalah operasi sesar (67.9%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pasangan suami istri yang dalam usia produktif harus melakukan pemeriksaan skrining HBsAg secara rutin. Kata kunci: Hepatitis B, HBsAg, Profil Ibu Hamil, Gambaran Bayi Baru Lahir

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK PENDONOR DARAH YANG REAKTIF HEPATITIS B SURFACE ANTIGEN (HBSAG) DI UNIT TRANSFUSI DARAH (UTD) PMI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2016 (Sagita Najmi, 2018)

GAMBARAN PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rezki Febriyana, 2014)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN STIMULASI KECERDASAN PRALAHIR DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2012 (Zamharira Al Marabi, 2014)

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREVALENSI ANEMIA DEFISIENSI ZAT BESI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (DESY RAHMIYANTI, 2018)

KESESUAIAN JENIS BAKTERI DAN KORELASI INTERLEUKIN-6 PADA IBU DENGAN KETUBAN PECAH DINI DAN BAYI PASCALAHIR (Mira Ulfa, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy