//

STUDI TENTANG POLA KONSUMSI DAN TABUNGAN RUMAH TANGGA MASYARAKAT DESA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Putri Azria Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Cut Puri Azria Sari dengan Judul Skripsi "Studi Tentang Pola Konsumsi dan Tabungan Rumah Tangga Masyarakat Desa di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. dengan Pembimbing Utama Bapak Ir. M. Nassir Hawy. M.S. dan embmbing kedua Bapak Ir. M. Nasir Abdussamad, M.Si.Permasalahan dalam penelitian ini apakah pengeluaran konsumsi rumah tangga masyarakat desa lebih banyak digunakan untuk konsumsi kebutuhan primer atau sekunder dan bagaimana kecenderungan menabung (Marginal Propensity to Save) rumah tangga masyarakat desa di Kecamatan Darussalam.Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Sebagai objek penelitan yaitu rumah tangga petani yang ada di kecamatan tersebut dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey.Metode pengambilan dan pengumpulan data sampel secara simpel random sampling.Adapun metode analisis yang digunakan adalah deskriptif menggunakan fungsi konsumsi dan tabungan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwasanya pendapatan rumah tangga masyarakat desa di daerah penelitian sebahagian besar digunakan untuk pengeluaran konsumsi kebutuhan primer yaitu sejumlah Rp. 574.405 per bulan (65.69 %) dan untuk kebutuhan sekunder sejumlah Rn. 299951 per bulan (34.31 %). Terdapat kecenderungan menabung pada masyarakat di Kecamatan Darussalam yang semakin meningkat. Berdasarkan besarnya persentase pengeluaran konsumsi rumah tangga masyarakat desa di daerah penelitian untuk kebutuhan primer. hal ini mengisyaratkan bahwa kesejahteraan rumah tangga masyarakat desa di daerah tersebut relatif rendah.Tingkat !PC dan MPS rumah tangga masyarakat desa di daerah penelitian sebesar 01.626 dan 0,374 Kecenderungan menabung yang terjadi pada masyarakat di daerah penelitian lanat lehih lebih ditingkatkan dengan cara meningkatkan pendapatan rumah tangga. Dengan aeningkatnya pendapatan rumah tangga maka sisa pendapatan yang dapat ditabung akan semakin besar. Diharapkan kepada Pemda setempat agar dapat merencanakan peningkatan keseiahteraan masyarakat dengan cara memberikan bantuan modal kepada petani, penyuluhan pertanian dan sebagainya sehingga masyarakat di daerah penelitian mampu meningkatkan produksi di sektor pertanian.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TINGKAT KONSUMSI DAN TABUNGAN RUMAH TANGGA PAWANG LAUT DI DESA MEUNASAH KEUDE KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Ida Meilena, 2021)

POLA KONSUMSI SAYUR-SAYURAN RUMAH TANGGA DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Nazirah Sukna, 2021)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOSUMSI RUMAH TANGGA MASYARAKAT DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS : KECAMATAN SYIAH KUALA) (Suryadi, 2021)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA BERDASARKAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN DAN KONSUMSI ENERGI (STUDI KASUS PADA RUMAH TANGGA PETANI PESERTA PROGRAM DESA MANDIRI PANGAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR) (KEUMALA FADHIELA, 2015)

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy