//

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI KELAS RENDAH SD NEGERI 9 TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIA CLARITA RIZAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pendidikan karakter tanggung jawab sangatlah penting dimiliki oleh peserta didik dalam mengikuti pembelajaran terlebih lagi jika pendidikan karakter ini sudah diterapkan sejak dini. Penelitian ini memiliki Rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan pendidikan karakter tanggung jawab di kelas rendah SD Negeri 9 Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan pendidikan karakter tanggung jawab di kelas rendah SD Negeri 9 Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan sumber data adalah guru kelas I s/d III yang berjumlah 3 orang di SD Negeri 9 Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Seluruh data hasil wawancara di olah melalui tahap analisis data yaitu, reduksi data,penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di SD Negeri 9 Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter tanggung jawab sudah di terapkan oleh guru dengan hasil yang sangat baik. Penerapan yang digunakan oleh guru juga bervariasi tergantung pada materi yang akan diajarkan. Guru mendekati dan juga membimbing peserta didik yang masih kurang dalam hal bertanggung jawab serta mengajak orang tua untuk bekerja sama dalam menereapkan pendidikan karakter tanggung jawab.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDIDIKAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SD GUGUS 20 KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (MERRY PRATIWI SUKMA, 2018)

STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH (PUTRI RAUZATUL JANNAH, 2019)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TABEL PERKALIAN PINTAR (TAKALINTAR) TERHADAP HASIL BELJARA SISWA PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN DI KELAS IV SDN 4 TAPAKTUAN ACEH SELATAN (DELTIYA HARINA, 2019)

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH (YURITA SARTIKA, 2019)

PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) PADA MATERI PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAK AZASI MANUSIA (HAM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Salmah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy