//

PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENANAMKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK USIA DINI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Ratna Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Desi Ratna Sari. 2020. Pengembangan Media Big Book untuk Menanamkan Perilaku Prososial pada Anak Usia Dini. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: 1.) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd 2.) Rahmi, S.Pd.I, M.Ed. Idealnya anak usia 4-5 tahun telah memiliki sikap prososial dalam berinteraksi dengan teman sebaya baik di lingkungan keluarga maupun di sekolah. Namun kenyataan di lapangan masih ditemukan anak yang belum menunjukkan sikap prososial dengan teman-temannya di lingkungan sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat diciptakan berbagai macam media pembelajaran salah satunya adalah dengan media big book. Bagaimana mengembangkan media big book dalam upaya menanamkan perilaku prososial pada anak usia dini menjadi kajian dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara mengembangkan media big book dalam menanamkan perilaku prososial pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran big book dalam penanaman perilaku prososial bagi anak usia dini dilakukan melalui tahapan pendefinisian dan tahapan pengembangan. Tahap pendefinisian meliputi kegiatan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis konsep, dan analisis tujuan. Validasi dari ahli media dan ahli materi pada media big book menunjukkan bahwa ahli media melihat kesesuaian media yang digunakan dengan kebutuhan anak usia ini, sementara ahli materi melihat kesesuaian materi yang dibuat dengan kemampuan anak memahami materi yang disampaikan pada media big book. Penggunaan media big book dalam penanaman perilaku prososial bagi anak usia dini dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, khususnya dalam penanaman perilaku dan sikap prososial pada anak usia dini. Hal tersebut didasarkan pada skor penilaian dari lembar instrument validasi oleh ahli media dan ahli materi. Penilaian oleh ahli media mendapatkan skor sebesar 97%, sedangkan penilaian oleh ahli materi mendapatkan skor sebesar 98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media big book sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran bagi anak usia dini dalam mengenalkan dan menanamkan perilaku prososial.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MEDIA SOFT BOOK UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI (Cut Sarna Alfina, 2021)

MENGEMBANGKAN PILLOW BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULASI MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI (SERUNGKE NADA, 2021)

PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI (Annisa Rahmadani, 2021)

PENGEMBANGAN QUIET BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS KEBUDAYAAN ACEH (SUHAILA, 2018)

MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK FKIP UNSYIAH DARUSSALAM BANDA ACEH (NUR HAYATI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy