//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG IKAN SEGAR DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfan Efendi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Alfan Efendi dengan judul "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pedapatan Pedagang Ikan Segar Di Kota Banda Aceh". Dengan pembimbing Ibu Cut Faradilla, S.P, M.Si sebagai pembimbing utama dan Bapak Ir. Edy Marsudi, M.Si sebagai pembimbing kedua. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh Modal Usaha, Volume Penjualan, Harga Beli, Harga Jual dan Lamanya Penyimpanan terhadap pendapatan pedagang pengecer ikan segar yang berjualan pada pasar ikan peunayong, setui dan kampung baru di Kota Banda Aceh. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh modal usaha, volume penjualan, harga beli, harga jual dan lamanya penyimpanan terhadap pendapatan pedagang pengecer ikan segar yang berjualan pada pasar ikan peunayong, setui dan kampung baru di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling) dengan pertimbangan bahwa di lokasi pasar ikan peunayong, setui dan kampung baru banyak beroperasinya pedagang pengecer ikan segar, letak yang strategis dan merupakan pasar sentra. Besarnya sampel yang di ambil adalah 10% dari masing- masing pasar secara acak sederhana (simple random sampling) sehingga diperoleh sebanyak 31 orang pedagang dari total 310 pedagang yang berjualan ikan segar pada tiga pasar tersebut di Kota Banda Aceh. Hasil analisis dengan menggunakan regresi linear berganda menunjukan babwa modal usaha (X1) ), harga beli (X3) dan harga jual (X4) berpengaruh nyata, sedangkan faktor volume penjualan (X2) dan lamanya penyimpanan (X5) tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan pedagang pengecer ikan segar yang bejualan pada pasar ikan peunayong,setui dan kampung baru di Kota Banda Aceh. Besarnya pendapatan rata-rata perbulan yang diterima oleh para pedagang pengecer ikan segar yang berjualan pada pasar ikan peunayong, setui dan kampung baru di Kota Banda Aceh adalah sebesar Rp. 5.336.129,- per bulan. Adapun saran yang dapat penulis berikan, di harapkan para pedagang pengecer ikan segar harus mampu serta lebih baik lagi dan jeli membaca situasi prospek pasar yang ada, mengingat barang yang diusahakan cepat mengalami penyusutan atau bahkan busuk dan serta dapat meminimalisir resiko dan melakukan penjualan ekstra jika perlu, karena mengingat ikan segar yang di jual belum tentu seluruhnya habis dan laku terjual diatas modal atau harga beli.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG IKAN SEGAR DI KOTA BANDA ACEH (Alfan Efendi, 2021)

PERBANDINGAN TINGKAT KESEJAHTERAAN PEDAGANG DAGING AYAM POTONG DAN IKAN DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Dimifta Hulriza, 2014)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN MINYAK GORENG MALINDA DI KOTA BANDA ACEH (Randy, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGERUHI PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA NELAYAN DAN PEDAGANG IKAN DI DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Siti Rahmawati, 2021)

ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG IKAN HIAS DI KOTA BANDA ACEH (RACHMIYANI RAJA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy