//

ALOKASI OPTIMUM SUMBER DAYA PERIKANAN: PERBANDINGAN PANTAI BARAT DENGAN PANTAI TIMUR ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ADE KHOIRIYANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini membahas tentang alokasi optimum sumber daya perikanan : perbandingan Pantai Barat dan Pantai Timur Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat alokasi optimum sumber daya perikanan di perairan Pantai Barat dan Pantai Timur Aceh. Data yang digunakan adalah data sekunder dari tahun 1989-2010 yang berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh. Model analisis bioekonomi yang digunakan adalah model Schaefer dan Fox yang dikembangkan oleh Schnute. Hasil analisis dengan model Schnute menghasi lkan CPUE (Catch Per Unit Effort) tahun 2005 pada perairan Pantai Barat mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yaitu dari 1.43 kg/trip menjadi 0.96 kg/trip. Sedangkan pada perairan Pantai Timur setiap tahunnya tidak mengalami penurunan yang drastis yaitu dari 1,51 kg/trip menjadi 1,37 kg/trip. Tahun-tahun selanjutnya CPUE di kedua perairan tersebut terus meningkat hingga tahun 2009, CPUE yang dicapai masing-masing sebesar 1,93 kg/trip dan 2,09 kg/trip. Hasil estimasi memperlihatkan Variabel TR dan TC memberikan pengaruh positif yang signifikan hingga taraf kepercayaan 10% terhadap hasil tangkapan ikan, sehingga variabel TR dan TC berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil tangkapan ikan yang diperoleh di perairan Pantai Barat Aceh, pada perairan Pantai Timur Aceh hanya satu variabel saja yang menberikan pengaruh positif yang signifikan yaitu variabel TR sedangkan variabel TC tidak signifikan terhadap hasil tangkapan ikan. Diharapkan kepada pemerintah khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh dapat memberikan penyuluhan kepada para nelayan agar tetap menjaga kelestarian sumber daya perikanan, dan menyadarkan dalam penggunaan alat tangkap. Kata Kunci: Analisis Optimum, Bioekonomi, Pantai Barat Aceh, Pantai Timur Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPARASI FINANSIAL HASIL TANGKAPAN PER TAHUN DI PANTAI BARAT SELATAN DAN PANTAI TIMUR UTARA PROVINSI ACEH (Baidarus Arlian, 2017)

STUDI PERUBAHAN GARIS PANTAI PRA TSUNAMI DAN PASCA TSUNAMI DISEPANJANG PANTAI BARAT ACEH KAWASAN ACEH BESAR, ACEH JAYA DAN ACEH BARAT (Elly Nuraini, 2015)

KAJIAN KERENTANAN PANTAI (CVI) AKIBAT FAKTOR OSEANOGRAFI : STUDI KASUS PANTAI BARAT ACEH BESAR KAJIAN KERENTANAN PANTAI (CVI) AKIBAT FAKTOR OSEANOGRAFI : STUDI KAJIAN KERENTANAN PANTAI (CVI) AKIBAT FAKTOR OSEANOGRAFI : STUDI KASUS PANTAI BARAT ACEH BESAR KASUS PANTAI BARAT ACEH BESAR (Maulidya Ananda, 2021)

PENGELOLAAN PERIKANAN TANGKAP BERBASIS CODE OF CONDUCT FOR RESPONSIBLE FISHERIES (CCRF) DI KABUPATEN PIDIE DI KABUPATEN PIDIE OF CONDUCT FOR RESPONSIBLE FISHERIES (CCRF) DI KABUPATEN PIDIE (DENI SATRIA, 2021)

PEMETAAN DAN EVALUASI EKOWISATA BAHARI DI PANTAI TEUPIN LAYEU IBOIH KOTA SABANG (Dian Aswita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy