//

TINJAUAN KAPASITAS PARKIR TERHADAP VOLUME PARKIR PADA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MACKSALMINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pusat perekonomian di Kota Banda Aceh terletak di beberapa bagian salah satunya di Jalan Mohammad Jam. Adanya aktivitas komersial ini menarik masyarakat untuk mengunjungi ke tempat tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehingga menimbulkan aktivitas parkir yang menggunakan badan jalan (on street parking). Masalah ini dapat dipecahkan melalui survei lapangan untuk mengetahui secara tepat permasalahan yang ada dan menghitung kapasitas parkir roda empat dan roda dua di Jalan Mohammad Jam Kota Banda Aceh apakah mampu menampung kendaraan yang masuk atau tidak. Kendaraan yang ditinjau hanyalah kendaraan yang parkir pada badan jalan di Jalan Mohammad Jam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji ulang dan mengevaluasi kapasitas parkir yang ada pada saat ini apakah masih mampu menampung volume kendaraan yang parkir pada badan jalan di Jalan Mohammad Jam. Metode penelitian yang dilakukan mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data. Data primer berupa kapasitas ruang parkir, data plat nomor dan waktunya, dan data jumlah kendaraan. Data sekunder berupa peta Kota Banda Aceh dan peta lokasi Jalan Mohammad Jam. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebagai berikut : jam puncak kedatangan interval waktu 1 jam kendaraan roda 4 terjadi pada hari Rabu pukul 17.00 – 18.00 sebesar 118 kend/jam sedangkan untuk kendaraan roda 2 terjadi pada hari Rabu pukul 13.00 – 14.00 sebesar 240 kend/jam. Sedangkan interval waktu 1 hari untuk kendaraan roda 4 terjadi pada hari sabtu 698 kend/hari dan kendaraan roda 2 sebesar 1.114 kend/hari. Rata-rata lamanya parkir dengan kedaraan roda 4 tertinggi pada hari Sabtu sebesar 0,34 jam/kend dan kendaraan roda 2 pada hari Sabtu 0,26 jam/kend. Akumulasi parkir tertinggi kendaraan roda 4 selama 2 hari pengamatan terjadi pada hari Sabtu pukul 13.00 – 14.00 sebesar 215 kendaraan dan kendaraan roda 2 terjadi pada hari Rabu pukul 13.00 – 14.00 sebesar 385 kendaraan. Kapasitas parkir tertinggi kendaraan roda 4 terjadi pada hari Rabu sebesar 300 kend/jam dan kendaraan roda 2 terjadi pada hari Rabu sebesar 354 kend/jam. Kebutuhan ruang parkir tertinggi kendaraan roda 4 pada hari Sabtu 12,6 SRP dan kendaraan roda 2 terjadi pada hari Sabtu 11,82 SRP. Indeks parkir tertinggi kendaraan roda 4 terjadi pada hari sabtu pukul 13.00 - 14.00 sebesar 0,90 dan kendaraan roda 2 terjadi pada hari Rabu pukul 13.00 – 14.00 sebesar 1,19, yang berarti IP > 1 maka perlu penataan parkir baik dar segi geometrik maupun manajemen perparkiran. Kata Kunci : Karakteristik parkir, kapasitas dan kebutuhan parkir. iv

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH (Tarmizi, 2015)

ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR RODA EMPAT DI PASAR ATJEH BARU KOTA BANDA ACEH (Betta Justi Randa, 2017)

KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PARKIR PADA GEDUNG BARU FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (PUTRI PARA JUNITA, 2019)

KAJIAN PENATAAN ULANG ON STREET PARKING PADA RUAS JALAN SRI RATU SAFIATUDDIN KOTA BANDA ACEH (NAINA AMILA ALIFFIA, 2020)

TINJAUAN KAPASITAS PARKIR TERHADAP VOLUME PARKIR PADA AREAL RUMAH SAKIT MEURAXA BANDA ACEH (Anggi Gasela, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy