//

GAMBARAN PENERAPAN RESPIRATORY HYGIENE DI MASYARAKAT KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH PADA MASA PANDEMI COVID-19

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AYU HUMAIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Coronavirus disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit infeksi pernapasan menular baru yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV 2). Pemerintah dan WHO telah menetapkan berbagai upaya pencegahan dalam rangka mengurangi penyebaran COVID-19, salah satunya adalah respiratory hygiene. Respiratory hygiene merupakan upaya pencegahan penularan penyakit infeksi pernapasan secara airborne dan droplet yang tergolong ke kategori non-pharmaceutical interventions. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran penerapan respiratory hygiene di masyarakat Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah deksriptif dengan teknik pengambilan sampel berupa simple random sampling. Subjek penelitian adalah 106 orang masyarakat dari sepuluh kampung yang berada di Kecamatan Baiturrahman dengan pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner online (google from). Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara univariat. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 4 responden (3,8%) telah menerapkan respiratory hygiene dengan baik , 57 responden (53,8%) menerapkan respiratory hygiene secara cukup, dan 45 responden (42,5%) menerapkan respiratory hygiene dengan buruk. Berdasarkan karakteristik umum responden didapatkan penerapan respiratory hygiene yang baik telah dilakukan oleh responden perempuan sebesar sebesar 6,3%, usia 20 tahun sampai dengan 24 tahun 6,5% dan sarjana 4,3%. Pada penelitian ini juga ditemukan 50% responden telah menggunakan masker non-medis saat beraktivitas di luar rumah dan 8,5% telah menerapkan physical distancing. Kata kunci : Respiratory hygiene, Coronavirus disease 2019, COVID-19

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT DESA NEUSU JAYA TENTANG PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DENGAN KUNJUNGAN KE PUSKESMAS BAITURRAHMAN BANDA ACEH (POCUT DARA MUCHTAR, 2021)

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS BEDAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (QATRUNADA RIZALDI, 2021)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN AKIBAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP KELUHAN GASTROINTESTINAL PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN DAN FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (, 2021)

UPAYA ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (PUTRI MAHARA, 2020)

GAMBARAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KOTA LANGSA (NINDA AZHARINA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy