//

EFESIENSI PENGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHA TANI JAGUNG MANIS DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zaimarni - Personal Name

Abstrak/Catatan

Zaimarni " Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi pada Usahatani Jagung Manis di Kemukiman Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar ", dengan pembimbing utama Bapak Prof Dr. Ir. M. Hassan Su'ud. M.Sc. dan pembimbing kedua Ibu Agustina Arida, SP, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari faktor produksi luas lahan, benih, pupuk. pestisida dan tenaga kerja terhadap produksi jagung manis dan untuk mengevaluasi apakah penggunaan faktor produksi luas lahan, benih, pupuk, pestisida dan tenaga kerja pada usahatani jagung manis di Kemukiman Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar selama ini sudah mencapai efisiensi Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling+ Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung dan melalui pengisian kuisioner (daftar pertanyaan) serta dari instansi-isnstansi yang terkait. dan kepustakaan dan lain-lain yang ada hubungannya dengan penelitian ini Dalam analisis data yang digunakan model analisis Cobb-Douglas Dari hasil perhitungan diperoleh Log Y = Log 3,281 + 0.591 Log X1 + 0,005 Log X2 + 0,476 Log X3 -0.70 Log X4 0,137 Log X5 Dari analisis fungsi Cobb-Douglas membenikan indikasi bahwa variabel luas lahan, benih, pupuk, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi jagung manis, bila diuji secara serempak (uji F), namun berdasarkan hasil pengujian secara parsial dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa faktor benih, pestisida dan tenaga kerja tidak berpengaruh nyata terhadap produksi, sedangkan faktor luas lahan dan pupuk sama-sama berpengaruh nyata terhadap produksi jagung manis di daerah penelitian. Luas lahan usahatani di daerah penelitian belum efisen oleh karena itu harus ada penambahan agar produksi jagung manis dapat ditingkatkan. Sama halnya dengan pupuk walaupun penggunaannya cukup berarti terhadap produksi, namun penggunaan volume yang dipakai perlu ditambahkan agar tercapainya tingkat efisien, tetapi penggunaan benih, pestisida dan tenaga kerja dirasakan sangat berlebihan sehingga sudah tidak efisien lagi oleh karenanya harus dikurangi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHA TANI CABAI MERAH DENGAN SISTEM INTENSIF DAN DENGAN SISTEM SEMI INTENSIF DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Zulhelmi, 2021)

ANALISIS KEUNTUNGAN PERALIHAN TANAMAN JAGUNG MANIS KE TANAMAN PISANG BARANGAN DI KECAMATAN LEMBAH SEULA WAH ACEH BESAR (RAHMANIZA, 2020)

PROSPEK PENGEMBANGAN PISANG BARANGAN DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rahmi Nurdin, 2021)

ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG MANIS DAN JAGUNG HIBRIDA DI KECAMA TAN LEMBAH SEULA WAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rizka Hasmiyani, 2020)

STUDI KASUS PADA AGROINDUSTRI JAGUNG BERONDONG MANIS DAN KERIPIK UBI PEDAS DI DESA SUKA MULIA SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Irma Haryani, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy