//

PERBANDINGAN KARAKTERISTIK MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO DUA HASIL PRODUKSI PANDAI BESI BERBEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfian Rinaldi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Peranan baja pada kehidupan manusia sangat penting hampir disetiap aspek diperlukan, Pada penelitian ini penggunaannya secara spesifik digolongkan kepada perkakas potong yaitu parang, karena penggunaan parang secara umum tidak terpisahkan dengan kehidupan manusia. Maka sudah sepatutnya diketahui tingkat ketangguhan dari parang tersebut. Salah satu cara untuk mengetahui ketangguhan dari parang adalah dengan cara melakukan berbagai pengujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan sifat fisik serta sifat mekanik pada dua parang yang berbeda sumber produksi, dan membandingkan hasil dari kedua parang, Parang yang dibandingkan adalah yang digunakan oleh masyarakat dan dibeli pada pengrajin parang tersebut. Pada umumnya bahan yang digunakan untuk pembuatan parang adalah pegas daun, merupakan jenis baja karbon tinggi. Pada pengujian ini dilakukan pengamatan struktur mikro dengan menggunakan mikroskop optic Olympus, uji mekanik meliputi uji kekerasan dengan menggunakan metode Rockwell serta melakukan pengujian heat treatment. Nilai kekerasan parang sebelum proses heat treatment A 65.6 HRD, B 65.3 HRD, Setelah heat treatment A 68.4 HRD, B 66.8 HRD dan setelah tempering kekerasan menjadi A 65.0 HRD, B 65.1 HRD. kemudian dapat disimpulkan setelah dilakukan proses heat treatment nilai kekerasan meningkat, dan hasil pengamatan strukturmikro terbentuknya struktur yang merata dan halus. Kata kunci : Karakteristik, sifat mekanik, heat treatment, pegas daun.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KARAKTERISTIK MEKANIK PELEK SEPEDA MOTOR CAST WHEEL DAN SPOKE WHEEL TERBUAT DARI ALUMUNIUM PADUAN (Sofian Abdillah, 2018)

PERBANDINGAN KARAKTERISTIK MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO DUA HASIL PRODUKSI PANDAI BESI BERBEDA (Alfian Rinaldi, 2021)

STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK PADUAN ALUMINIUM DAUR ULANG HASIL PENGECORAN UNTUK RANGKA SEPEDA (Hidayatullah, 2018)

PERUBAHAN STRUKTUR MIKRO DAN KETANGGUHAN BAJA KARBON RENDAH AKIBAT PENGELASAN METODE SMAW (Jon Kadri Hamza, 2017)

STUDI PERBANDINGAN KEBOCORAN MIKRO ANTARA MATERIAL RESTORASI GLASS IONOMER CEMENT DAN ALKASITE PADA KAVITAS KLAS V (Raudhatul Jannah, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy