Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PERANAN GURU KELAS SEBAGAI PEMBIMBING PADA SISWA SD KOTA BANDA ACEH
Pengarang
FITRIANI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1506104030043
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Fitriani. 2020. Peranan Guru Kelas sebagai Pembimbing pada Siswa SD Kota
Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas
Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Nurhasanah, M. Pd., (2) Jamilah Aini Nasution, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci : Peranan Guru Kelas Sebagai Pembimbing
Salah satu peranan Guru Kelas adalah sebagai pembimbing. Guru pada siswa
tingkat SD (Guru Kelas) memiliki tanggung jawab kompleks dalam melakukan
kegiatan yang bersifat bimbingan agar siswa dapat mencapai tugas-tugas
perkembangan dan mengatasi kesulitan yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui peranan Guru Kelas sebagai pembimbing pada siswa SD
Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.
Subjek penelitian berjumlah 101 orang Guru Kelas dari 9 SD di Kota Banda Aceh.
Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Angket. Hasil
analisis deskriptif data menunjukkan bahwa Guru Kelas yang berperan sebagai
pembimbing di SD Kota Banda Aceh ialah 94% berada pada kategori sangat tinggi
atau setara dengan 95 orang Guru Kelas, pada kategori tinggi 5% atau setara dengan
5 orang Guru Kelas, kemudian pada kategori sedang 1% atau setara dengan 1 orang
Guru Kelas. Dapat disimpulkan bahwa Guru Kelas di SD Kota Banda Aceh sudah
bertanggung jawab penuh dalam menjalankan perannya sebagai pembimbing pada
siswa dengan melakukan kegiatan bimbingan yaitu: (1) mengidentifikasi kebutuhan
peserta didik, (2) merumuskan tujuan pembelajaran dan mengarahkan siswa sesuai
tujuan pembelajaran, (3) memberikan nasihat kepada siswa sesuai kebutuhan dan
kesulitan yang dialaminya serta bertangung jawab dalam kehidupan, (4) memberikan
pengarahan atau orientasi dalam rangka belajar yang efektif, (5) membina hubungan
yang baik antar pribadi dan sosialnya, (6) memperlakukan siswa sebagai individu
yang mempunyai harga diri, keterbukaan, tanggap dan kebebasan, (7) bekerja sama
dengan konselor dan tenaga pendidik lainnya dalam memberikan bantuan yang
dibutuhkan siswa. Implikasi penelitian ini Guru Kelas senantiasa dapat
meningkatkan kinerja sebagai pembimbing pada siswa SD Kota Banda Aceh,
sehingga siswa dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERANAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MEMBANTU PENYESUAIAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB NEGERI KOTA BANDA ACEH (Rahayu Anggi Dewi Sumalam, 2018)
PERANAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA DI SD NEGERI 56 BANDA ACEH (MUHARISMA RAHAYU, 2017)
UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM PENJURUSAN SISWA DI SEKOLAH (SUATU PENELITIAN DI SMU NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH) (Ismaniah, 2021)
PERANAN PUSTAKAWAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Nurfadhillah, 2018)
PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN OLEH GURU PEMBIMBING PADA SISWA SMP NEGERI RNKOTA BANDA ACEH (Khairiah, 2014)