PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE


Pengarang

Noni Anggraini - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806101040017

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : children learning in science, hasil belajar, IPS terpadu
Model pembelajaran Children Learning In Science merupakan bentuk pembelajaran yang berusaha mengembangkan ide atau gagasan siswa tentang suatu masalah tertentu dalam pembelajaran serta merekonstruksi ide atau gagasan berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII-1 MTsN Beureunuen melalui penerapan model pembelajaran Children Learning In Science; (2) Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII-1 MTsN Beureunuen mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran Children Learning In Science; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Children Learning In Science untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII MTsN Beureunuen; dan (4) Respon siswa kelas VII-1 MTsN Beureunuen terhadap pelaksanaan model pembelajaran Children Learning In Science dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTsN Beureunuen yang berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar (evaluasi) siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science yang telah dilaksanakan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science meningkat secara individual dan klasikal. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan individual, mulai dari siklus I, 30 siswa ada 7 siswa yang belum tuntas dan siklus II dari 30 siswa hanya 3 siswa yang belum tuntas dan ketuntasan klasikal siklus I 60 persen dan siklus II 90 persen; (2) Aktivitas guru dan siswa antara siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan. Hal ini dilihat pada siklus II semua aspek yang diamati telah sesuai dengan ketentuan waktu ideal; (3) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran Children Learning In Science meningkat dari 2,60 dikategorikan baik, menjadi 3,60 dengan katagori sangat baik ; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran Children Learning In Science pada materi mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk dapat dikatakan baik, siswa berpendapat bahwa dengan belajar melalui model pembelajaran Children Learning In Science dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK