//

EKSTRAK DAGING BUAH JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) SEBAGAI INHIBITOR KOROSI BAJA KARBON RENDAH DALAM LARUTAN NACL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAIDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ekstrak Daging Buah Jamblang Sebagai Inhibitor Korosi Baja Karbon Rendah Dalam Larutan NaCl Maidi 1504102010087 Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Abstrak Inhibitor merupakan suatu zat yang apabila ditambahkan kedalam suatu lingkungan dapat menurunkan laju korosi yang terjadi pada lingkungan tersebut terhadap suatu logam didalamnya. Buah jamblang dapat dikembangkan menjadi inhibitor korosi baja karbon rendah karena mengandung senyawa flavanoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh laju korosi menggunakan tambahan ekstrak daging buah jamblang untuk baja karbon rendah yang direndam dalam larutan 3,5% NaCl dihitung secara kehilangan berat. Pada setiap wadah diberi variasi ekstrak yang berbeda yaitu 0 mg/L, 3 mg/L, 5 mg/L dan 8 mg/L. Spesimen yang digunakan panjang 22 mm, lebar 20 mm, dan tebal 3 mm. Waktu penelitian yang dilakukan selama 25 hari. Pengambilan data yang dilakukan dengan cara mengambil semua spesimen dari wadah NaCl masing-masing, kemudian dibersihkan dan ditimbang untuk mengetahui kehilangan beratnya. Hasil menunjukkan bahwa laju korosi terendah didapat pada wadah 5 mg/L, dengan rata-rata laju korosi sebesar 44,574 ????????/tahun. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa ekstrak daging buah jamblang mempengaruhi laju korosi, sehingga elektron yang dilepaskan pada baja tersebut dapat disuplai kembali dengan menggunakan ekstrak daging buah jamblang. Kata kunci: Inhibitor Korosi, Ekstrak Buah Jamblang, Larutan NaCl, Baja Karbon Rendah. 

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSTRAK BIJI BUAH JAMBLANG SEBAGAI INHIBITOR KOROSI BAJA KARBON RENDAH DALAM LARUTAN NACL (M AFRAQIL IRSAN, 2021)

STUDI AWAL PEMANFAATAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) SEBAGAI INHIBITOR KOROSI BAJA A36 DALAM MEDIUM KOROSIF (Muhammad Ilham Noor, 2016)

PENGARUH EKSTRAK BUAH JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS SEBAGAI PENYEBAB KANDIDIASIS RONGGA MULUT SECARA IN VITRO (FITRI YUNITA SARI, 2015)

PENGENDALIAN LAJU KOROSI PADA BAJA PLAT HITAM A36 DALAM MEDIUM KOROSIF MENGGUNAKAN INHIBITOR EKSTRAK DAUN SALAM (EUGENIA POLYANTHA (WIGHT.) WALP.) (DESY FITRIANA, 2018)

PENGARUH EKSTRAK DAUN TREMBESI (SAMANEA SAMAN (JACQ.) MERR.) SEBAGAI BAHAN INHIBITOR TERHADAP LAJU KOROSI BAJA PLAT HITAM (BASE PLAT) A36 (Fatriah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy