//

MANAJEMEN PEMAKAIAN PULSA LISTRIK PELANGGAN METER PRABAYAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alifa Annisa Amru - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu kekurangan dari sistem kWh meter digital prabayar adalah tidak dapat melakukan pemantauan pemakaian energi listrik secara real time. Hal ini mengakibatkan sulitnya pengontrolan penggunaan energi listrik oleh pelanggan, sehingga token listrik sering habis sebelum waktu yang direncanakan. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka pada penelitian ini dilakukan monitoring penggunaan energi listrik secara real time berbasis IoT dan pengontrolan penggunaan energi listrik per hari agar token listrik dapat habis dalam waktu yang diinginkan. Monitoring penggunaan energi listrik dilakukan dengan menghasilkan smart kWh meter berbasis nodeMCU menggunakan sensor PZEM-004t. Hasil monitoring akan dikirim ke internet oleh nodeMCU sehingga dapat dilihat oleh pengguna melalui website. Alat ini akan melakukan kalkulasi besar kWh yang dibeli dengan waktu penggunaan yang direncanakan untuk mendapatkan besar pemakaian energi listrik maksimum per hari, ketika pemakaian energi listrik per hari mencapai 75% atau 85% dari pemakaian energi listrik maksimum per hari yang diinginkan, maka akan dikirimkan notifikasi berupa email, namun jika dalam satu hari pemakaian energi listrik di bawah pemakaian energi listrik maksimum, maka di hari berikutnya pemakaian maksimumnya lebih besar daripada hari sebelumnya. Selain itu alat ini juga memungkinkan pengguna untuk mengisi token listrik melalui website. Hasil penelitian ini diperoleh perbedaan pengukuran tegangan, arus, frekuensi, faktor daya, daya aktif, daya reaktif, dan daya semu dibawah 5 %. Smart kWh meter mampu mengirimkan data ke internet secara real time untuk dilakukan pemantauan dan mampu melakukan perhitungan batas pemakaian per hari dan sisa pulsa listrik pengguna. Smart kWh meter juga mampu mengirimkan notifikasi ke email pengguna sebagai upaya membantu pengguna dalam memanajemen penggunaan energi listrik agar token listrik dapat habis dalam waktu yang direncanakan. Selain itu, pengguna smart kWh meter sudah dapat mengisi token listrik melalui website. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Smart kWh meter terpercaya dapat mengukur energi listrik secara akurat serta berhasil melakukan monitoring penggunaan energi listrik secara real time. Smart kWh berhasil dalam upaya membantu pengguna dalam memanajemen penggunaan energi listrik serta berhasil membuat pengguna dapat mengisi token melalui website.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI PEMASARAN PT.PLN (PERSERO) WILAYAH ACEH DALAM MENSOSIALISASIKAN LISTRIK PRABAYAR (DANI PRIADI, 2015)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) LOKASI PENJUALAN TOKEN LISTRIK DI KOTA BANDA ACEH (Tasya Rizki Ananda, 2020)

MANAJEMEN PEMAKAIAN PULSA LISTRIK PELANGGAN METER PRABAYAR (Alifa Annisa Amru, 2021)

PENGARUH PENGGUNAAN KWH METER PRABAYAR TERHADAP PERTUMBUHAN PENJUALAN PERTAHUN PADA PT. PLN (PERSERO) AREA BANDA ACEH RAYOH MERDUATI (ramadhani, 2014)

PENGAKUAN PENDAPATAN VOUCHER PRABAYAR (TOKEN)RNPADA PT.PLN (PERSERO) AREA BANDA ACEHRNLAPORAN KERJA PRAKTEK (HIKMAH FONNA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy