//

OPTIMASI PENEMPATAN DISTRIBUTED GENERATION (DG) PADA SALURAN DISTRIBUSI PLN PENYULANG LINGKE KRUENG CUT MENGGUNAKAN METODE GENETIC ALGORITHM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROY BASTIAN GINTING - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pertumbuhaan beban yang kian meningkat tetapi tidak diimbangi dengan pembangkitan energi listrik yang mencukupi dapat mengganggu ketersediaan energi listrik bagi pelanggaan. Salah satu cara menjaga ketersediaan energi listrik yang akan mampu memenuhi perkembangan beban tanpa menambah kapasitas pembangkit utama adalah dengan menempatkan Distributed Generation (DG). Untuk mendukung penggunaan Distributed Generation dalam sistem pembangkitan energi listrik dibutuhkan perencanan yang baik termasuk menentukan lokasi penempatan serta besar daya keluaran dari DG. Dalam tugas akhir ini dilakukan analisis lokasi penempatan dan kapasitas DG menggunakan metode Genetik Algoritma (GA) untuk mendapatkan rugi daya minimum dan dapat meningkatkan profile tegangan. Untuk menguji efektifitas metode ini akan diterapkan pada jaringan distribusi PLN Penyulang Lingke Krueng Cut, Banda Aceh. DG akan diaplikasikan pada semua bus selain bus generator dan dihitung rugi daya masing-masing bus dan juga profil tegangannya sebelum dan sesudah pemasangan DG yang berkapasitas maksimum 500 kW. Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa untuk mengurangi jumlah rugi daya pada sistem dengan pemasangan DG pada bus 9, 22, dan 31dengan kapasitas 317 kW, 312 kW dan 164 kW yang terpilih berdasarkan optimasi GA menghasilkan rugi daya menurun dari 54,6733 kW menjadi 10,0758 kW atau mengurangi rugi-rugi saluran sebesar 81,5709% dan juga menaikkan rata-rata profil tegangan setiap busnya sebesar 0,032745 p.u. Kata kunci: Distributed Generation, Genetik Algoritma, Minimalisasi Losses, Profile Tegangaan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI PENEMPATAN DISTRIBUTED GENERATION (DG) PADA SALURAN DISTRIBUSI PLN PENYULANG LINGKE KRUENG CUT MENGGUNAKAN METODE GENETIC ALGORITHM (ROY BASTIAN GINTING, 2021)

SIMULASI PEMANFAATAN DISTRIBUTED GENERATION (DG) PADA JARINGAN DISTRIBUSI 20 KV DENGAN ETAP 7.0.0 DI PT.PLN (PERSERO) RANTING KUTACANE (Saddam Rijal Kasmi, 2015)

STUDI ANALISIS BIAYA TOTAL TAHUNAN PENYULANG (FEEDER) SALURAN DISTRIBUSI 20 KV (UNTUK KASUS PADA TAHUN 2013) (Hendri Farliza, 2016)

OPTIMASI PENJADWALAN SISTEM PENGAIRAN AIR IRIGASI MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIKA DENGAN PENDEKATAN GEOGRAFIS SPASIAL (STUDI KASUS WADUK KEULILING KABUPATEN ACEH BESAR) (NURATUZZAKIAH, S.SI, 2019)

ANALISA JATUH TEGANGAN JARINGAN DISTRIBUSI PRIMER 20KV PADA PENYULANG INDRAPURI (STUDI KASUS PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON LAMBARO) (Rahmat Akbar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy